Meneladani Nabi Muhammad di Momen Maulid dengan Spirit Entrepreneur

Meneladani Nabi Muhammad di Momen Maulid dengan Spirit Entrepreneur

BERBAGI
Foto : Muhammad Holil, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Kalbar/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Setiap tanggal 12 Rabiul Awal, dikenal oleh umat Islam sebagai hari yang istimewa, yakni kelahiran seorang insan pilihan ke muka bumi, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Di Indonesia sendiri, tanggal 12 Rabiul Awal telah ditetapkan sebagai tanggal merah (hari libur nasional) untuk puncak perayaan Maulid Nabi.

Sebagai hari besar keagamaan Islam yang menjadi hari libur nasional, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat yang beragama Islam, karena memiliki kesempatan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Kalbar, Muhammad Holil, mengajak kepada anak muda khususnya, agar tidak hanya menjadikan maulid sekadar mengenang dan memperingati hari lahir Nabi Muhammad saja, namun juga meneladani akhlak dan spirit perubahan yang dimiliki Nabi Muhammad di berbagai lini.

“Banyak hal yang dapat kita teladani dari diri Rasulullah, diantaranya spirit dalam melakukan perbaikan tatanan sosial dan ekonomi, mari kita jadikan maulid tidak hanya sekadar untuk mengenang dan memperingati lahirnya Nabi Muhammad saja,” tuturnya, Jumat (1/12).

Holil menyampaikan, bahwa untuk melakukan perbaikan pada tatanan sosial dan ekonomi salah satunya adalah dengan cara menjadi entrepreneur (Wirausahawan).

“Sebagaimana Rasulullah, sejak usia 12 tahun beliau sudah menjadi entrepreneur, karena etos kerjanya yang tinggi serta kejujuran yang dimilikinya, beliau berhasil menjadi seorang pengusaha yang sukses,” sambungnya.

Oleh karena itu, Mahasiswa Pasca Sarjana Ekonomi Syariah IAIN Pontianak ini berharap, melalui momentum maulid ini umat Islam, terkhusus pemudanya untuk meneladani jejak Nabi Muhammad SAW dalam memperbaiki perekonomian melalui bingkai kewirausahaan.

“Harapannya maulid kali ini dapat melahirkan spirit baru bagi generasi muda lewat semangat kewirausahaan, sehingga terciptanya kemandirian ekonomi yang dapat menekan angka pengangguran di mana saat ini didominasi anak muda,” ucapnya.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR