143 Kilogram Sabu di Kalbar Berhasil Diungkap Sepanjang 2017

143 Kilogram Sabu di Kalbar Berhasil Diungkap Sepanjang 2017

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat, Brigjend Pol Nasrullah mengatakan sebanyak 160 Kilogram Sabu yang berhasil diungkap aparat di wilayah Kalbar pada tahun 2016, sedangkan sepanjang tahun 2017, peredaran sabu yang berhasil diungkap yakni seberat 143 kilogram.

“Dari Januari 2017 sampai sekarang sudah 143 kilogram sabu, itu hanya 20 persennya atau di bawah 20 persen, jadi sudah banyak barang-barang narkotika yang sudah dinikmati masyarakat Kalbar ataupun oleh para pecandu atau pun sudah diedarkan ke tempat lain,” katanya, Selasa (5/12).

Hal tersebut, katanya memang sangat riskan sekali, seolah-olah daerah Kalbar ini memang menjadi tempat yang paling nyaman bagi para pengedar untuk mengedarkan barangnya di wilayah Kalbar.

“Karena kalau kita lihat masyarakatnya cukup banyak, yakni ada sekitar 5,3 juta jiwa, dari hasil penelitian ada 65 ribu pecandu yang ada di wilayah Kalbar, berdasarkan data sejak tahun 2015,” tuturnya.

Dirinya mengatakan, dengan kelemahan-kelemahan tersebut, walaupun semua aparat sudah bekerja, cuma belum optimal dalam artian keterbatasan jumlah personel yang memang khusus menangani peredaran narkotika tersebut, kemudian peralatan-peralatan pendukung untuk mengatasi peredaran narkotika juga terbilang masih belum memadai dan masih sederhana.

“Kadang barang-kadang yang masuk pun tidak tercover oleh suatu peralatan yang sangat sederhana itu. Dan juga barang ada yang memang bisa ditangkap pada saat melewati wilayah kita, ada juga ditangkap setelah melewati, jadi tidak terpantau sama sekali, baru kita mendapat informasi di lapangan, baru diungkap barang itu sudah di wilayah kita, baru ketangkap, itu yang ketangkap, yang tidak, ya cukup banyak,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY