BPKD Kalbar: Perpustakaan Apung Bantu Akses Buku untuk Warga Pesisir

BPKD Kalbar: Perpustakaan Apung Bantu Akses Buku untuk Warga Pesisir

BERBAGI
Foto: Perpustakaan Apung Dir Polair Polda Kalbar/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Badan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Provinsi Kalimantan Barat (BPKD) Kalbar, Ignasius IK, menuturkan, dengan adanya perpustakaan apung Dir Polair Polda Kalbar membantu akses masyarakat khususnya di wilayah pesisir untuk dapat mengkonsumsi buku.

“Karena memang kita merasakan bahwa kalau hanya mengandalkan perpustakaan umum tidak mungkin. Sementara kalau kita lihat di perundang-undangan semua warga negara semua masyarakat memiliki hak yang sama untuk mendapat akses mendapatkan buku-buku,” katanya, Selasa (5/12).

Dirinya menuturkan, selaras dengan keterbatasan tersebut, Dir Polair Polda Kalbar berinisiatif untuk bekerjasama, dalam hal ini membentuk sebuah perpustakaan apung.

Untuk sistem operasi dan pelaksanaan langsung dikerahkan oleh Polairud Polda Kalbar.

“Perpustakaan apung untuk sistem operasinya diserahkan kepada teman-teman di Polairud, menyesuaikan dengan jadwal mereka, jadi kita tidak mencampuri pelaksanaannya di lapangan. Kita berharap memang buku ini dapat dibaca oleh masyarakat, terutama yang di pesisir, kita akan terus menambah koleksinya supaya lebih bervariasi, tidak hanya satu jenis buku,” katanya.

Pihak BPKD Kalbar tidak menentukan titik persinggahannya, pihak Polairud Polda Kalbar nanti secara otonom akan melaksanakan teknis operasional di lapangan.

“Untuk sementara bantuannya hanya buku, belum ada yang lain, karena memang itu yang kita butuhkan,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY