BPOM Kalbar Sidak ke Pasar Kapuas Indah dan Pasar Tengah

BPOM Kalbar Sidak ke Pasar Kapuas Indah dan Pasar Tengah

BERBAGI
Foto: BPOM saat menggelar operasi mendadak di Pasar Kapuas Indah menemukan pensil alis dengan nomor izin lama dan tidak berlaku lagi/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kalimantan Barat menggelar operasi mendadak di kawasan pasar Pasar Kapuas Indah dan Pasar Tengah Pontianak, Rabu (6/12).

Kepala BPOM Provinsi Kalimantan Barat, Corry Panjaitan menuturkan, Sidak ini dilaksanakan dalam rangka hari aksi nasional pengawasan kosmetik.

“Kita sudah memeriksa empat sarana, belum kita temukan kosmetik yang tanpa izin edar, kecuali pensil alis mata yang masih mempergunakan izin edar lama dengan kode CA, sedangkan kode yang digunakan untuk sekarang itu NA, diikuti dengan 11 angka,” katanya.

Dirinya menuturkan, CA adalah nomor izin edar sebelum harmonisasi ASEAN. BPOM sudah mulai harmonisasi ASEAN itu pada 1 Januari 2012, artinya standar kosmetik di negara ASEAN sama.

Terkait temuan pensil alis, karena menggunakan kode izin lama, maka tidak bisa dilakukan tindakan hukum, tetapi akan terus dilakukan pembinaan terhadap pedagang yang bersangkutan, dan produk berupa pensil alis dengan kode izin lama tersebut dimusnahkan.

“Pedagang di Pasar Kapuas Indah sudah dibina dan mendapatkan sosialisasi oleh BPOM Kalbar, kemudian secara rutin mengawasi, tapi karena ini pasar tradisional yang paling diminati masyarakat, kita turun lagi ke sini untuk melindungi masyarakat,” katanya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY