Polisi Ungkap Penyelundupan Kentang Ilegal Asal Malaysia di Pasar Flamboyan

Polisi Ungkap Penyelundupan Kentang Ilegal Asal Malaysia di Pasar Flamboyan

BERBAGI
Foto: Polisi saat menunjukkan barang bukti berupa Kentang ilegal dari Malaysia/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Subdit I Ditreskrimsus Polda Kalbar berhasil mengungkap upaya penyelundupan Kentang ilegal yang berasal dari Malaysia di Pasar Flamboyan Pontianak.

“Jadi tadi malam hasil lidik, koordinasi serta informasi dari masyarakat, kita mendapat informasi bahwa di pasar Flamboyan itu masih banyak beredar barang-barang yang berasal dari luar negeri,” kata Dirkrimsus Polda Kalbar, AKBP Mahyudi Nazriansyah, Rabu (6/12).

Tim Subdit I saat turun ke lokasi yang dimaksud, berhasil mengamankan satu unit kendaraan mini bus beserta kentang sebanyak 30 karung, dengan berat masing-masing karung 10 kilogram yang diduga memang berasal dari Malaysia.

“Hasil pemeriksaan sementara barang-barang tersebut dibeli di Entikong. Di Entikong berlaku di masyarakat border sesuai KILB, Kartu Izin Lintas Batas Negara, mereka bisa membeli 600 RM, namun faktanya masih dimanfaatkan oleh spekulan-spekulan, membeli di sana dan dibawa keluar border sampai ke Pontianak, ini yang melanggar ketentuan Undang-Undang,” jelasnya.

Pelaku dengan inisial U warga Entikong, dikenakan Pasal 31 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY