Pasang Surut Sungai Kapuas Mencapai 2,58 Meter

Pasang Surut Sungai Kapuas Mencapai 2,58 Meter

BERBAGI
Foto: Kondisi Ketinggian Air di Sungai Kapuas/BMKG Maritim Pontianak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Pontianak, Randy Ardianto, menyampaikan terkait banjir rob dari luapan air Sungai Kapuas.

“Tadi memang pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB pasang surut yang tercatat di alat kami cukup tinggi 2,58 meter,” katanya, Kamis (7/12) siang.

Dirinya menuturkan, pada ketinggian pasang surut tersebut dapat menyebabkan adanya genangan ataupun luapan dari Sungai Kapuas.

“Namun dari peringatan dini yang diberikan, kenapa periodenya hanya dari pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB, karena memang karakter pasang surut Sungai Kapuas tidak terlalu lama untuk surut kembali, sehingga dampaknya bervariasi di setiap wilayah,” katanya.

Dirinya meminta masyarakat untuk tidak terlalu panik dan tetap mengupdate informasi dari BMKG.

“Untuk prakiraan rutin gelombang di perairan wilayah Kalimantan Barat kita update sehari sekali, untuk prakiraan cuaca pelabuhan kita update dua kali sehari dan untuk peringatan banjir rob sifatnya accidental saat ada prediksi kejadian,” jelasnya.

Berdasarkan penelurusan thetanjungpuratimes.com di laman maritim.bmkg.go.id, untuk perairan Pontianak tercatat cuaca hujan ringan, angin Barat Laut-Timur Laut 2-12 knots dan ketinggian gelombang 0.1-0.8 meter.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY