Polres Sambas Punya Layanan 110

Polres Sambas Punya Layanan 110

BERBAGI
Foto: Petugas di layanan 110 Polres Sambas/Gindra

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kapolres Sambas AKBP Cahyo Hadiprabowo melalui Wakapolres Sambas Kompol Jovan R Sumual mengatakan, dalam rangka memberikan pelayanan kepolisian yang lebih cepat kepada masyarakat, Polres Sambas saat ini sudah mempunyai layanan call center 110. Layanan tersebut dikatakan merupakan kerja sama Mabes Polri dengan PT Telkom Indonesia.

“Layanan 110 di Polres Sambas sudah dioperasikan sejak satu bulan terakhir,” ujarnya, Kamis (7/12).

Layanan call center 110 Polres Sambas kata Jovan, saat ini telah aktif dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah hukum Polres Sambas.

“Layanan tersebut untuk menyampaikan informasi, membuat laporan dan membuat pengaduan dengan cepat dan bebas biaya,” katanya.

Ia menyebutkan tersedianya layanan call center 110 Polri ini, untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan keamanan publik, sesuai visi dan misi Kapolri yang Profesinal,modern dan terpecaya (Promoter).

“Layanan 110 ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui telepon rumah dan Handphone. Jika pelapor menggunakan HP, tidak perlu lagi menambahkan kode area, cukup tekan 110 dan system akan secara otomatis melakukan tracking (melacak) lokasi pelapor. Selanjutnya akan langsung diterima operator SPKT Polres Sambas,” terang Wakapolres.

Layanan ini sebutnya, dikhususkan untuk masyarakat yang ingin memberikan informasi kepada Polres Sambas. Seperti informasi layanan yang terdapat di Polres Sambas, laporan kecelakaan, laporan bencana alam, laporan kerusuhan, dan lainnya.

“Selain itu juga pengaduan berupa penghinaan, ancaman, tindak kekerasan dan tindak kriminal lainnya. Dapat disampaikan melalui layanan tersebut,” jelasnya.

Seluruh masyarakat lanjutnya, bisa menggunakan layanan call center 110 tersebut.

“Namun manfaatkan layanan ini untuk yang benar-benar kejadian, jangan main-main atau membuat laporan palsu. Karena pelapor ketika teleponnya sudah tersambung, akan langsung terlacak dan terdeteksi lokasinya,” ungkap Jovan.

Ia menambahkan, setiap laporan yang masuk dan diterima melalui layanan 110. Akan dengan cepat direspon oleh kepolisian.

“Misalnya ada laporan dari kecamatan Galing, akan langsung ditanggapi melalui Polsek terdekat,” jelas Jovan.

Hadirnya layanan 110 Polres Sambas, disambut gembira oleh warga Sambas. Seperti disampaikan oleh Tito, menurutnya layanan ini sangat bermanfaat.

“Layanan ini mirip dengan layanan 991, seperti yang terdapat pada layanan kepolisian di luar negeri,” katanya.

(Gindra/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY