Sering Terjadi Laka Lantas, Sopir Truk dan Kontainer Tes Urin

Sering Terjadi Laka Lantas, Sopir Truk dan Kontainer Tes Urin

BERBAGI
Foto : Petugas dari BNN Kota Pontianak saat tes urin para sopir/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Para sopir truk menjalani tes urin saat razia di jalan Rahadi Usman, Kota Pontianak, pada Rabu (13/12) pagi. Hal ini karena sering terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kota Pontianak.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pontianak, AKBP Agus Sudiman, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Satlantas Polresta Pontianak dan Dinas Perhubungan Kota Pontianak menggelar razia dan tes urin para sopir kontainer dan truk.

“Memang untuk para sopir ini perlu kita memberikan soft terapi, agar mereka jangan sampai menggunakan narkoba yang efeknya membahayakan selain dirinya dan pengguna lalu lintas,” tuturnya.

Ia mengatakan, dengan adanya beberapa kasus kejadian laka lantas yang menjadi pelakunya itu sopir-sopir kontainer, diharapkan perusahaan jasa angkutan baik truk, ekspedisi atau kontainer, diminta agar tidak merekrut sopir-sopir yang terlibat atau terindikasi dan pengguna narkoba, karena sangat berbahaya.

“Para sopir yang positif menggunakan narkoba, akan di assessment, kita lihat sejauh mana tingkat penggunaanya. Kalau penggunaanya rutin, pencandu, kita lakukan rawat inap. Kalau masih memakai kita rehabilitasi dan rawat jalan. Tujuannya agar jangan sampai mereka menggunakan kembali,” pungkasnya.

Dari 27 orang sopir yang dilakukan tes urin, satu orang sopir dinyatakan positif pemakai narkoba.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR