Cuaca Buruk di Perairan Ketapang, Harga Ikan Basah Naik

Cuaca Buruk di Perairan Ketapang, Harga Ikan Basah Naik

BERBAGI
Foto: Pedagang ikan basah di pasar tradisional Ketapang/Rizar

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Buruknya cuaca yang mempengaruhi ketinggian gelombang di perairan kabupaten Ketapang, hingga kepulauan Karimata sejak sepekan terakhir membuat harga ikan basah mengalami kenaikan di pasar Ketapang.

Para pedagang ikan basah di pasar tradisional Ketapang cukup kewalahan dengan kenaikan harga sejumlah komuditas laut, akibat tingginya ombak dan angin kencang, sehingga banyak di antara nelayan yang memutuskan untuk tidak melaut.

Adam, salah satu pedagang ikan basah menuturkan, kenaikan harga ikan ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir, namun baru terasa peningkatan hingga 100 persen sejak 2 hari kemarin.

“Kenaikan harga ikan ini memang sudah lama, kira-kira seminggu, tapi baru terasa naik cukup tinggi sejak 2 hari ini.” ujarnya saat diemui di Pasar Haji Bujang Hamdi, Minggu (12/17).

Adam juga menjelaskan, kenaikan harga ikan ini adalah imbas dari cuaca buruk yang terjadi, yang membuat sejumlah nelayan tak berani melaut, sehingga pedagang terpaksa membeli ikan dari nelayan luar kabupaten ketapang.

“Yang saya tau dari nelayan, mereka banyak yang tak berani melaut, makanya harga mulai naik, bahkan beberapa jenis ikan hanya bisa kita dapat dari nelayan kabupaten tetangga” jelasnya.

(Rizar/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR