Masyarakat Sekadau Antusias Saksikan Lomba Sampan Bidar

Masyarakat Sekadau Antusias Saksikan Lomba Sampan Bidar

BERBAGI
Foto: Para peserta sampan bidar di Sekadau/Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Lomba sampan bidar yang digelar di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir berlangsung semarak. Hal itu terbukti dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi, bahkan berasal dari kabupaten lain, diantaranya Sanggau, Sekadau, Melawi hingga Mempawah. Begitu masyarakat yang begitu antusias menyaksikan lomba sampan bidar tersebut.

Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid menuturkan, adapun peserta mencapai 82 tim berasal dari Sekadau, Sanggau, Sintang, Melawi dan Mempawah. Lomba sampan bidar yang digelar tersebut merupakan ajang silaturhami dalam rangka hari jadi Kabupaten Sekadau ke-14 tahun.

“Ini merupakan wujud melestarikan budaya sampan bidar. Selain ajang silaturahmi, momentum ini juga menjadi hiburan rakyat,” ujarnya, Minggu (17/12).

Anjang Jonok, sapaan akrab Abdul Hamid menuturkan, kegiatan tersebut juga kerjasama bersama Pengurus Cabang (Pengcab) Persatan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Sekadau.

“Kami apresiasi pemerintah Kabupaten Sekadau yang mendukung kegiatan ini. Apalagi dengan antusiasme masyarakat sangat tinggi,” ucapnya.

Camat Sekadau Hilir, Safi’i Yanto mengatakan, selain untuk melestarikan budaya, lomba sampan biar juga untuk menjaring atlet-atlet berbakat, khususnya atlet sampan bidar berasal dari kabupaten Sekadau.

“Seluruh tim harus menjunjung tinggi sportivitas. Terus bersemangat untuk meningkat kualitasnya untuk event selanjutnya,” katanya singkat.

Sementara itu, Pengurus PODSI kabupaten Sekadau, Supardi mengatakan, lomba sampan bidar dilaksanakan dua kali setahun. Ajang tersebut dilakukan untuk menjaring bibit-bibit atlet dayung untuk bersaing diajang Porprov pada 2018 mendatang.

“Tim yang menang nanti akan kami bina sehingga bisa menjadi tim yang tangguh. Itu komitmen PODSI,” tuturnya.

Asisten III Setda Kabupaten Sekadau, Sapto Utomo mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik ajang tersebut. Ajang tersebut, kata dia, juga sebagai wujud untuk meningkatkan silaturahmi bersama masyarakat.

“Kami apresiasi semua pihak yang terlibat dalam mendukung dalam mensukseskan perlombaan ini,” kata dia.

Apalagi, kata dia, ajang tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan. Terlebih, antusiasme masyarakat yang begitu tinggi.

“Ajang-ajang seperti ini juga sebagai wadah untuk membina para atlet, menjaring bibit atlet berbakat untuk mewakili Kabupaten Sekadau pada event lebih tinggi lagi,” pungkasnya.

(Yahya/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR