Polres Sekadau Menggelar Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2017

Polres Sekadau Menggelar Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2017

BERBAGI
Foto: Upacara gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas 2018 di halaman Mapolres Sekadau/Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Untuk pengamanan menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Polres Sekadau menggelar upacara gelar pasukan Lilin Kapuas 2017 yang berlangsung di halaman Mapolres Sekadau, Kamis (21/12) pagi.

Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi menuturkan, gelar pasukan tersebut merupakan pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan, termasuk sarana dan prasarana pendukungnya. Serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Perayaan natal dan pergantian tahun yang bersamaan dengan libur sekolah saat yang dinantikan masyarakat itu diharapkan dapat terselenggara dengan nyaman, aman, lancar dan menjadi tugas aparat keamanan untuk memenuhinya,” ujarnya.

Anggon mengatakan, ada bebarapa ancaman, tantangan dan hambatan serta gangguan yang perlu diantisipasi. Adapun hal-hal yang perlu diantisipasi seperti, adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, dan bencana alam.

“Ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan natal seperti aksi sweeping oleh ormas,” ucapnya.

Polri didukung TNI serta stakeholder lainnya dalam Operasi Lilin Kapuas 2017, kata Kapolres akan dilaksanakan mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2018 mendatang. Ia mengatakan, operasi tersebut mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum.

“Tolok ukur keberhasilan perasi ini ditandai dengan terwujudnya Kamseltibcar Lantas. Menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok serta tertanggulanginya dampak bencana alam,” tuturnya.

Selain itu, kata Anggon, pembacaan fakta integritas dan komitmen dilakukan dihadapan masyarakat, sehingga bisa menambah kekuatan daripada pemahaman yang diucapkan itu.

Upacara gelar pasukan dihadiri Bupati Sekadau, Rupinus, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus, Pabung 1204/Sanggau, Mayor Inf Budi Sumarjono, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi dan jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau.

(Yahya/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR