Tren Smartphone 2018, Kamera Ganda Akan Semakin Umum

Tren Smartphone 2018, Kamera Ganda Akan Semakin Umum

BERBAGI
Foto : Ilustrasi kamera ponsel/Shutterstock

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Tak terasa, waktu kini sudah mulai memasuki penghujung dari tahun 2017. Tepatnya seminggu lagi penduduk di muka bumi akan merayakan pergantian waktu ke tahun 2018.

Begitu banyak kenangan yang telah diukir di tahun 2017. Tidak terkecuali bagi industri smartphone. Bisa dibilang, tahun 2017 menjadi penanda dari kemunculan fitur-fitur inovatif di era telepon pintar yang semakin marak ini.

Contohnya, tren kamera ganda dan layar tanpa bingkai. Namun apakah di 2018, tren-tren tersebut akan terus berlanjut ?

Dalam penjelasan Risky Febrian, Associate Market Analyst IDC, fitur-fitur inovatif yang hadir di 2017 akan tetap berlanjut pada tahun depan.

“Fitur-fitur seperti kamera ganda dan layar tanpa bezel (rasio layer 18:9) akan menjadi fitur yang semakin umum dijumpai pada smartphone di 2018 ,” ujarnya kepada Suara.com.

Lebih lanjut, Risky melanjutkan, kamera ganda dan konsep layar yang tipis akan digunakan untuk ponsel-ponsel di segmen low-end.

“Bukan hanya smartphone high-end saja yang dapat mengadopsi fitur tersebut, tapi juga dapat diadopsi oleh smartphone di segmen mid-range atau bahkan low-end, karena beberapa vendor lokal juga diperkirakan akan memperkenalkan produk dengan fitur tersebut,” lanjutnya.

Diketahui, kamera ganda di 2017 sudah menjadi fitur unggulan di beberapa smartphone. Sebut saja Xiaomi yang merilis ponsel Mi A1. Selain Xiaomi, ada Motorola yang menyematkan kamera ganda di Moto G5s Plus.

Sementara itu, pengamat gawai, Lucky Sebastian, mengatakan, fitur pemindai sidik jari akan semakin canggih.

Jika sebelumnya, fitur pemindai sidik jari ditempatkan dalam tombol fisik, di 2018, fitur ini akan berada di bawah layar.

“Pemindai sidik jari di bawah layar bakal jadi. Tangan luka atau basah jadi bisa kedeteksi,” jelasnya.

Untuk fitur pemindai sidik jari di bawah layar, belum ada vendor yang merilisnya pada 2017.

Namun sejauh ini, beberapa pabrikan seperti Vivo dan Samsung dikabarkan siap merilis ponsel dengan sensor sidik jari di bawah layar pada 2018.

(suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR