Kapolda : Tidak Ada Lagi Kegiatan Ilegal di Perbatasan Entikong dan Jagoi...

Kapolda : Tidak Ada Lagi Kegiatan Ilegal di Perbatasan Entikong dan Jagoi Babang

BERBAGI
Foto : Kapolda Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH melakukan sidak di perbatasan Negara/R

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH melakukan sidak di dua perbatasan negara, mendarat di Entikong di kecamatan yang memiliki perbatasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong ini kehadirannya disambut Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, Danyon Pamtas Letkol Faisal Amri, pada Selasa (26/12/2017).

Kegiatan kali ini, Kapolda langsung menuju Border PLBN Entikong, mengecek kesiapsiagaan personel Polri, Imigrasi dan Bea Cukai yang melakukan tugas pelayanan di perbatasan, memantau situasi secara umum wilayah perbatasan Sanggau dan mengecek beberapa patok titik nol batas negara di wilayah kawasan perbatasan Negara.

Beberapa catatan terungkapnya human trafficking, penyelundupan narkoba dan barang illegal lainnya yang diduga dari Distrik Tebedu Malaysia masuk melalui PLBN Entikong maupun beberapa jalur jalan tikus atau jalan hutan menuju akses kecamatan Entikong dan Sekayam tujuan Sanggau menuju kota Pontianak.

Selepas itu lokasi kedua yang disidak Irjen Pol Didi Haryono adalah perbatasan Jagoi Babang, perbatasan negara di Kabupaten Bengkayang yang berbatasan langsung dengan Distrik Serikin sampai saat ini belum berdiri PLBN, dan pelayanan border yang ada saat ini belum satu atap.

Dalam sidak yang dilakukannya mantan Wakapolda Kepri ini, memberikan arahan kepada Kapolres Bengkayang AKBP Permadi Syahids Putra dan anggota yang bertugas di Pos Pengamanan Perbatasan. Poin utama yang menjadi perhatian terkait Kejahatan lintas batas negara, dan pengamanan wilayah kawasan perbatasan negara.

“Akses jalur perbatasan negara, kedepan kita perketat pengamanan dan pengawasan, tidak ada lagi ruang kegiatan illegal terjadi di wilayah perbatasan ini, harus Zero Illegal, Zero lundup jangan ada yang coba-coba bermain-main dengan yang hitam-hitam, bangun sinergi dengan instansi terkait dan rangkul masyarakat,“ ungkap Irjen Pol Didi Haryono.

Kapolda mengingatkan, Polres Sanggau dan Polres Bengkayang, merupakan dua dari lima polres jajaran polda Kalbar yang memiliki  perbatasan, pimpinan Polri telah mengamanahkan kepercayaan dan memberikan reward tunjangan khusus bagi anggota yang bertugas diperbatasan.

“Maka dari itu tunjukan tanggungjawab, berikan kinerja terbaik, ukir prestasi, lakukan terobosan kreatif, tingkatkan pengamanan terhadap orang maupun barang di sepanjang kawasan pintu keluar masuk yang berada di sepanjang perbatasan, jangan sampai ada oknum anggota yang berkhianat, apalagi terlibat penyelundupan. Berikan efek jera bagi para pelaku sehingga bisa meminimalisir praktek illegal dan lundup hingga Kalbar betul-betul Zero illegal dan Zero lundup,” tegasnya.

Sidak yang dilakukan Kapolda Kalbar turut didampingi oleh Kepala Biro Operasi Kombes Pol Jayadi S.Ik dan Direktur Intelijen Kombes Pol Dally Achmad Mutiara, S.Ik.

(R/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR