Studi : Mencuci Piring Bisa Menurunkan Stres

Studi : Mencuci Piring Bisa Menurunkan Stres

BERBAGI
Foto : Ilustrasi mencuci piring/Shutterstock

Thetanjungpuratimes.com – Mencuci piring kerap menjadi kegiatan yang membuat orang malas melakukannya. Alasannya beragam mulai dari terlalu lelah lantaran aktivitas bekerja hingga sedang stres.

Namun, sebuah penelitian terkini yang dilakukan tim dari Florida State University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kegiatan ini bisa membantu mengatasi stres.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Mindfulness ini melibatkan 51 mahasiswa. Para responden dibagi dalam dua kelompok dengan tugas berbeda.

Kelompok pertama ditugaskan untuk fokus terhadap indera perasa mereka selama proses mencuci piring, seperti aroma sabun, saat kulit terkena busa, suhu air, hingga bentuk dan desain dari piring tersebut.

Sedangkan kelompok lainnya hanya sebagai kelompok kontrol yang fokus mencuci piring tanpa perlu meresapinya.

Hasilnya, responden pada kelompok pertama rata-rata mengalami penurunan rasa gelisah sebesar 27 persen, serta peningkatan stimulasi mental sebesar 25 persen. Hal ini tak terlihat pada kelompok kontrol.

Peneliti menyimpulkan, bahwa kegiatan mencuci piring dapat mengatasi pikiran tegang akibat terlalu banyak bekerja.

Selain itu kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena stres merupakan salah satu penghambat.

“Kami juga terkejut bahwa aktivitas biasa dalam hidup dapat berkontribusi terhadap kondisi pikiran, yakni dapat meningkatkan suasana hati,” ungkap Adam Hanley, salah satu peneliti dari Florida State University, dikutip dari Time, Sabtu (30/12/2017).

Sebenarnya, tak hanya mencuci piring saja yang dapat menurunkan stres. Semua pekerjaan yang dalam prosesnya dinikmati dengan rasa bahagia, kata Adam, tidak menutup kemungkinan juga dapat berkontribusi menurunkan tingkat stres.

(Time/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR