Tujuh Resolusi Kesehatan yang Harus Anda Lakukan di 2018

Thetanjungpuratimes.com – Tahun baru selalu identik dengan resolusi baru. Tapi pernahkah Anda memiliki resolusi khusus di bidang kesehatan ? Sangatlah penting bagi manusia memiliki resolusi kesehatan di tahun yang baru.

Tahun baru bukan hanya sekadar bermakna pergantian tahun. Tapi, juga bermakna bahwa kita semakin tua, begitu pula dengan organ-organ di dalam tubuh kita.

Jika Anda tidak memiliki resolusi khusus untuk menjaga kesehatan tubuh, maka bukan tidak mungkin di tahun-tahun berikutnya akan mengalami sakit sehingga tidak memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Semua kerja keras dan kesuksesan belum tentu bisa Anda nikmati di tahun-tahun mendatang jika Anda tak memperhatikan pentingnya mengubah gaya hidup.

Seperti dikutio dari laman Boldsky, Senin (25/12/2017), berikut beberapa resolusi kesehatan di tahun 2018 yang bisa Anda terapkan:

  1. Batasi Konsumsi Gula

Konsumsi makanan yang terlalu manis dapat menyebabkan masalah kesehatan yakni diabetes. Penyakit yang menyerang orang tua maupun anak muda ini belum dapat disembuhkan.

Karena itu, pencegahan merupakan satu-satunya cara terhindar dari diabetes, yakni dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula.

  1. Jadwalkan Liburan

Mengistirahatkan diri dari rutinitas sehari-hari yang memicu stres dan monoton dapat menyegarkan sel otak dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Jadi mulai tetapkan destinasi liburan Anda di 2018 mulai dari sekarang ya!

  1. Hentikan Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan

Anda tergolong perokok berat, pemabuk atau pecandu obat-obatan terlarang ? Jika ya, 2018 mungkin merupakan momen yang tepat untuk menghentikan semua kebiasaan buruk ini.

Seperti kita tahu, merokok, mengonsumsi alkohol hingga menggunakan narkoba bisa mengganggu kesehatan bahkan sampai kematian. Jadikan hal meninggalkan kebiasaan buruk ini sebagai resolusi di tahun 2018.

  1. Mengelola Stres

Stres adalah salah satu akar penyebab dari berbagai penyakit yang dialami manusia baik secara psikologis maupun fisik.

Tahun 2018 mendatang merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk mengelola stres, seperti menjadwalkan diri untuk meditasi secara teratur atau menjalani hobi yang membuat Anda bahagia.

  1. Olahraga

Ini mungkin terdengar seperti resolusi tahun baru yang sangat klise, tapi olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk tetap fit dan mencegah berbagai penyakit.

Olahraga juga diketahui dapat mendorong produksi hormon serotonin, yakni hormon yang dapat mencegah Anda dari depresi dan menjaga suasana hati tetap bahagia.

Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan minat Anda mulai dari sekarang.

  1. Perhatikan Pola Makan

Jika Anda merasa sulit untuk menghindar dari makanan tak sehat di mall atau tempat kerja, maka mulailah membawa bekal di tahun 2018 mendatang.

Pastikan bekal yang Anda bawa memenuhi aturan pola makan sehat, sehingga tubuh Anda pun terhindar dari masalah obesitas dan beragam penyakit lainnya.

  1. Kurangi Penggunaan Ponsel

Di era seperti sekarang, sulit rasanya menjaga jarak dengan ponsel yang memiliki beragam fitur menarik seperti media sosial. Melalui ponsel pula kita bisa terhubung dengan keluarga maupun teman-teman yang terpisah jarak ratusan kilometer.

Namun jika berlebihan dalam menggunakan ponsel juga dapat mendatangkan efek buruk bagi kesehatan.

Paparan radiasi dari ponsel dari notifikasinya yang dapat memicu stres berakibat buruk bagi kesehatan. Maka tak ada salahnya Anda mulai mengurangi penggunaan ponsel pada 2018 mendatang.

(Boldsky/suara.com/muh)

Related Posts