Mobil ‘Lipat’ Ini Bisa Jadi Solusi Keterbatasan Lahan Parkir

Mobil ‘Lipat’ Ini Bisa Jadi Solusi Keterbatasan Lahan Parkir

BERBAGI
Foto: Ilustrasi mobil listrik. (Shutterstock)

Thetanjungpuratimes.com – Pernahkah membayangkan mobil bisa dilipat di ruang parkir bagaikan kertas origami? Yup, hal ini nyata di Jepang.

Mobil listrik Earth-1 terinspirasi oleh robot mainan Transformers yang berubah menjadi mobil atau binatang dan kembali lagi. Keunggulan mobil ini adalah saat pencarian tempat parkir di Tokyo.

“Kendaraan yang sangat kecil bisa parkir di tempat yang sempit. Kami memprakarsai proyek untuk melipat mobil dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih kecil untuk membantu konsep pengurangan tempat parkir,” kata Presiden dan Chief Executive Officer di Four Link Systems, Inc., Hiroomi Kinoshita.

Mobil ini dirancang oleh Kunio Okawara, yang terkenal di Jepang sebagai seniman di balik robot transformasi serial TV “Gundam” yang telah lama berjalan.

“Yang terpenting, kami juga ingin mengetahui bagaimana cara menarik orang yang jarang membeli mobil dan mendorong mereka untuk mulai mengemudikan mobil. Jadi, kami mengembangkan kendaraan yang membuat pengemudi merasa seolah-olah mengarahkan kemudi ke sesuatu yang bukan mobil Bentuk robot terinspirasi yang membuat orang merasa seperti sedang mengoperasikan robot saat mengemudi,” terang Kinoshita.

Four Link Systems berharap bisa menjual 300 Earth-1 per tahun dan memiliki pesanan untuk 30 unit seharga 70.000 dolar AS atau sekitar Rp948 juta.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya berharap mendapat otorisasi untuk menggerakkan Earth-1 di jalan raya publik pada Maret 2018 mendatang. Mungkin mobil ini bisa jadi solusi mengatasi keterbatasan lahan parkir di Indonesia? Siapa yang tahu.

(Suara.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR