Operasi Mantap Praja, Polres Kapuas Hulu akan Turunkan 395 Personel

Operasi Mantap Praja, Polres Kapuas Hulu akan Turunkan 395 Personel

BERBAGI
Foto: Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi berserta Forkompinda mengecek kelengkapan personel dalam rangka Pengamanan Pilkada 2018 di Kapuas Hulu/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Polres Kapuas Hulu melakukan apel gelar pasukan terkait persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018, di halaman Mapolres setempat, Jumat (5/1). Apel tersebut bagian dari Operasi Mantap Praja.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi mengatakan, persiapan pengamanan Pilkada sebetulnya sudah dilakukan sejak jauh hari. Ada pengamanan natal, Operasi Cipta Kondisi dan lainnya.

“Upaya tersebut juga didukung TNI dan keadannya bisa dirasakan hasilnya, semua aman,” kata Kapolres.

Untuk Oprasi Mantap Praja di Kapuas Hulu, kata Kapolres pihaknya akan menerjunkan 395 personel. Nanti personil tersebut akan dibantu lagi dari TNI dan dari Polda Kalbar. Bantuan dari Polda Kalbar kurang lebih 1 SSK, atau sekitar 90 personil.

“Semoga bisa mengcover pengamanan di seluruh wilayah Kapuas Hulu,” ucapnya.

Terkait kerawanan, Kapolres mengatakan itu sudah dilakukan antisipasinya, terutama tentang geografis. Sebab Kapuas Hulu perkampungannya ada yang di hulu sungai dan perbukitan, dimana jalan belum terhubung,” terangnya.

Selain itu, katanya ada pola pengamanan khusus yang dipersiapkan, pola ini adalah pengembangan dari pola pengamanan Pilkada yang lama.

“Kami tetap perhatikan sisi geografis serta potensi konflik,” tuturnya.

Terkait konflik, diakui Kapolres ada juga isu masyarakat mau Golput. Dalam hal ini masyarakat harus diberi pemahaman agar jangan Golput, sebab ini memilih pemimpin kedepan.

Terkait potensi provokator yang bisa menjadi biang rusuh, pihaknya sudah mendata, maping dan monitor beberapa nama.

“Ini harus diwaspadai. Kita juga ada patroli siber untuk memantau bentuk-bentuk informasi yang ada supaya tidak menyebabkan keributan,” tuntas Kapolres.

Sementara itu Dandim 1206/Psb, Letkol Kaf. M. Ibnu Subroto mengatakan, pihaknya siap untuk membantu pengamanan pilkada.

“Pada intinya kita siap backup membackup personel Polres Kapuas Hulu apabila diperlukan. Titik rawan akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kami juga ada 150an dari Kodim dan Batalion yang ikut pengamanan Pilkada ini, ” tuntasnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR