Inilah Empat Hal Positif Memiliki Kartu Kredit

Inilah Empat Hal Positif Memiliki Kartu Kredit

BERBAGI
Foto : Ilustrasi penggunaan kartu kredit/suara.com

Thetanjungpuratimes.com – Banyak pro dan kontra yang terjadi dengan adanya kartu kredit. Namun, tak semuanya negatif. Ada juga sisi positifnya. Apa saja keuntungan memiliki kartu kredit ? Ini penjelasannya.

Lebih Mudah dan Praktis dalam Melakukan Transaksi

Perlu diketahui jika kartu kredit itu adalah sarana pembayaran. Jadi, ketika Anda tidak membawa uang tunai, pilihan transaksi yang tepat adalah dengan menggunakan kartu kredit. Anda tak perlu repot-repot membawa uang tunai dan Anda dapat menikmati berbagai kemudahan lain. Anda juga dapat menggunakan kartu kredit sebagai alat bantu dan juga sebagai asisten.

Sering sekali Anda telat membayarkan tagihan wajib, seperti listrik, air, atau internet. Dengan fasilitas autodebet, Anda dapat terbantu dan dapat membayarkan tagihan dengan lebih mudah. Memperkecil kemungkinan tagihan yang terlambat untuk dibayarkan apalagi sampai mendapatkan bunga yang cukup besar.

Adanya Reward yang Diberikan

Pengguna kartu kredit dapat menikmati fasilitas yang ada di tempat-tempat umum dan mendapatkan diskon yang biasanya tersedia di berbagai tempat makan. Belum lagi ketika banyak poin yang didapatkan, Anda dapat menukarkan poin tersebut dengan keuntungan lain semisal voucher makan.

Ditambah lagi ketika Anda hendak berpergian ke luar negeri, kartu kredit dapat menjadi teman yang tepat. Anda akan lebih dimudahkan untuk transaksi internasional, apalagi mereka tentu saja menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot membawa mata uang atau menukarkan ke mata uang.

Saat Darurat, Kartu Kredit Jadi Solusi

Dalam kondisi tanpa persiapan, kartu kredit berperan sebagai solusi. Misalnya, ketika hendak belanja sesuatu tanpa direncanakan sebelumnya lalu kekurangan uang tunai untuk membayarnya, tentulah keberadaan kartu kredit dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

Di samping itu, dengan menggunakan kartu kredit, Anda tidak perlu repot-repot mencari mesin ATM untuk menarik uang tunai. Bagaimana karena mencari ATM untuk menarik uang tunai, barang yang ingin Anda beli jadinya dibeli orang lain? Pastinya yang dirugikan Anda sendiri karena belum tentu barang tersebut dijual lagi dengan harga yang pas.

Bayarnya Bisa Dicicil

Kemudahan lain yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan kartu kredit adalah fasilitas cicilan. Namun, hal ini biasanya menjadi sebuah bumerang bagi para penggunanya. Pemakaian yang berlebihan tanpa mengenal limit kartu yang ditentukan dapat merugikan Anda kapan pun.

Hal ini akan berbeda jika Anda menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan memiliki batas pemakaian. Berbagai keperluan yang diperlukan dengan harga yang relatif mahal dapat Anda jangkau dengan fasilitas ini. Anda perlu menghitug batas maksimal utang yang dimiliki, contoh Batas maksimal utang yang disarankan adalah 30%.

Perhitungkan Setiap Tawaran Kartu Kredit yang Diterima

Itulah tadi hal yang bisa didapatkan ketika menggunakan kartu kredit dan tentu saja ada sisi negatif dan positif yang bisa diperoleh. Sangat menyenangkan jika Anda memiliki kartu kredit. Sebab pembayarannya lebih praktis. Namun, Anda harus tetap menjaga pemakaiannya agar tidak melebihi batas. Tentukanlah pemakaian dan rencanakan segala hal dengan lebih baik. Jangan mudah tergiur tawaran dari kartu kredit yang mereka nilai sangat menguntungkan.

Jangan sampai keuntungan yang diperoleh membuat Anda memakai kartu kredit tanpa perhitungan sehingga utang yang mesti dilunasi begitu besar. Kesulitan untuk melunasi utang sudah menjadi hal umum bagi para pemakai kartu kredit yang tidak cermat. Karena itu, rencanakan dengan lebih matang sebelum menggunakan kartu kredit.

(suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR