Prodi Ilmu Keperawatan Untan Gelar Penyuluhan Kesehatan

Prodi Ilmu Keperawatan Untan Gelar Penyuluhan Kesehatan

BERBAGI
Foto : Masyarakat Kelurahan Sungai Jawi Luar saat menyimak materi pada penyuluhan kesehatan yang digelar Prodi Ilmu Keperawatan Untan/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tanjungpura (Untan) bekerjasama dengan Puskesmas Pontianak Barat mengadakan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan dan donor darah, pada Sabtu (6/1).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sungai Jawi Luar, dan diikuti oleh masyarakat yang terdata dalam wilayah kerja Puskesmas Perumnas.

Materi yang disampaikan pada penyuluhan tersebut berupa pencegahan penyakit menular seperti TBC dan difteri, serta penyakit tidak menular seperti hipertensi.

Ketua Panitia, Arief Widodo, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, poin ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Kami melakukan pengkajian, pendataan, dan mencari masalah yang terdapat di wilayah kerja perumnas satu,” tuturnya.

Dirinya mengatakan, penyakit yang paling banyak ditemui di wilayah kerja Puskesmas Perumnas 1 adalah penyakit hipertensi, kemudian urutan kedua adalah TBC. Kemudian, dari 100 responden yang menderita hipertensi ada 63 kasus, untuk TBC sekitar 23 kasus, serta kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai vaksinasi difteri.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, edukasi kesehatan masyarakat dapat terbangun sehingga masyarakat dapat melindungi diri sendiri dan keluarga dari berbagai penyakit,” harapnya.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR