Fakultas Kehutanan Untan Berperan Dalam Tata Kelola Persawitan Kalbar

Fakultas Kehutanan Untan Berperan Dalam Tata Kelola Persawitan Kalbar

BERBAGI
Foto: Dr Ir H Gusti Hardiansyah M.Sc QAM, Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Untan)/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Melihat dinamika persawitan Kalbar, Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Untan), Dr Ir H Gusti Hardiansyah M.Sc QAM, menuturkan perguruan tinggi harus bisa menjadi perekat dari semua stakeholder yang berkepentingan dengan dinamika sawit ini.

“Jadi Untan saya pikir sangat strategis, selama ini sudah banyak hasil karya anak bangsa di Untan, berupa riset paten yang berkaitan dengan Tri Dharma yakni pengabdian kepada masyarakat, dalam hal ini Fakultas Kehutanan Untan turun langsung kepada masyarakat yang mengelola sawit,” tuturnya, Senin (8/1).

Menurutnya, aspek strategis yang paling perlu diperkuat itu adalah tata kelola yang berpihak kepada sawit-sawit rakyat, karena hampir 40 persen yang mengelola sawit di Kalbar adalah murni rakyat.

“Ini yang harus diperkuat tata kelola dan edukasinya sehingga kita mampu menciptakan masyarakat persawitan Kalbar yang profesional, produktif, ramah lingkungan dan sangat inklusi,” katanya.

Dirinya mengatakan, dengan adanya hutan pendidikan Untan, kita sudah mengadakan kerjasama dengan perusahaan yang menanam sawit di sekeliling hutan pendidikan.

“Kita sudah melakukam MoU dengan desa, bahkan untuk perekat untuk desa yang memelihara sawit dengan baik, kita memberikan beasiswa pendidikan kepada anak mereka. Selain itu, kita juga berharap bisa mentransfer konsep yang kita punya dengan mempraktekkan di kebun rakyat,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR