HUT Satpam ke-37, Kapolres Kapuas Hulu Tekankan Lima Hal Ini

HUT Satpam ke-37, Kapolres Kapuas Hulu Tekankan Lima Hal Ini

BERBAGI
Foto: Satpam melakukan atraksi bela diri pada Apel Hut Satpam ke 37 di halaman Mapolres Kapuas Hulu/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Polres Kapuas Hulu menggelar apel peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke 37, di halaman Mapolres setempat, Rabu (10/1) pagi.

Apel tersebut diikuti ratusan aparat keamanan gabungan, serta pejabat instansi vertikal dan daerah di Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi bertindak sebaga inspektur dalam apel tersebut menyampaikan amanat Kapolri Jendral Pol H. M Tito Karnavian.

“Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan ini diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja, sekaligus refleksi pemuliaan profesi Satuan Pengamanan, sebagai sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya,” tuturnya.

Kepada para Satpam, Kapolres mengatakan ada lima hal yang harus diperhatikan. Pertama, niatkan setiap pelaksanaan tugas memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan kerja sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kedua, profesi sebagai anggota Satuan Pengamanan merupakan profesi yang luhur, oleh karena itu tanamkan dan pelihara kebanggaan dan kehormatan di hati sanubari sebagai anggota Satuan Keamanan.

Ketiga, tugas yang emban sebagai anggota Satuan Pengamanan adalah tugas yang penuh dengan kemuliaan, oleh karena itu, laksanakan setiap tugas dengan cermat dan penuh tanggung jawab; Keempat, jangan pernah berhenti untuk meningkatkan keterampilan termasuk membekali diri dengan berbagai kemampuan membela diri.

“Kelima, tingkatkan komunikasi dan koordinasi secara sinergis dengan personel dan satuan Polri di lingkungan tempat kerja Saudara,” pesan Kapolres.

Usai menyampaikan amanatnya, Kapolres melakukan pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada Satpam tertua dan termuda di Kapuas Hulu. Satpam tertua yang bernama Rahmad mengatakan, Satpam memang memerlukan pelatihan beladiri secara rutin.

“Satpam harus bisa bela diri. Ini kita harap ada juga pelatihan dari Polres Kapuas Hulu untuk kawan-kawan Satpam, sebulan dua kali,” ujarnya.

Pensiunan TNI yang menjadi Satpam perkebunan kelapa sawit di Bunut Hulu ini mengatakan, cukup banyak tantangan yang harus dihadapi dalam tugas pengamanan.

Sebab itu kata dia, Satpam harus juga dilengkapi perlengkapan pengamanan.

“Masalah itu harus dihadapi oleh Satpam. Walaupu sudah membina fisik dan fasilitas juga perlu, jadi saat menghadapi penjahat tidak hanya tangan kosong,” tutur pria yang sudah 11 tahun menjadi Satpam ini.

Berbicara terkait kesejahteraan, Rahmad mengatakan, gaji yang ia dapat memang kecil, namun hal tersebut tetap ia syukuri.

“Memang secara pribadi agak kecil gaji saya, tapi ada tuntutan hidup yang harus saya penuhi, jadi saya laksanakan dengan tanggungjawab kerjaan itu,” tuntasnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR