Sebanyak 112 Calon TKI Asal Sambas Diberangkatkan ke Malaysia

Sebanyak 112 Calon TKI Asal Sambas Diberangkatkan ke Malaysia

BERBAGI
Foto: calon TKI asal Sambas saat diberikan pembekalan sebelum diberangkatkan/Gindra

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 112 Tenaga Kerja Indonesia asal kabupaten Sambas diberangkatkan dengan negara tujuan Malaysia Timur Rabu (10/1).

Sebelum diberangkatkan,para calon TKI tersebut terlebih dahulu diberikan pembekalan di kantor Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) pekerja migran Indonesia.

Kepala Dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten Sambas Agus Supardan mengungkapkan, para calon TKI tersebut ditempatkan di beberapa perusahaan kayu lapis di Sarawak, Malaysia Timur.

“Pada hari ini yang akan diberangkatkan sebanyak 112 orang TKI ke beberapa perusahaan di Serawak Malaysia dengan rincian penempatan pada perusahaan Shin Yang playwood Bintulu SDN BHD. Sebanyak 25 orang melalui PT Mafan Samudra Jaya,” ujarnya, Rabu (10/1).

Kemudian lanjutnya, penempatan pada perusahaan Forescom playwood SDN BHD sebanyak 32 orang melalui PT Mafan Samudra Jaya, penempatan pada perusahaan Shinyang Forestry SDN BHD sebanyak 20 orang melalui PT Mafan Samudra Jaya, Penempatan pada perusahaan ZEED TEE playwood SDN BHD sebanyak 6 orang melalui PT mafan Samudra Jaya, penempatan pada perusahaan LINSHANHAO plywood Sarawak SDN BHD sebanyak 1 orang melalui PT Mafan Samudra Jaya, penempatan pada perusahaan Shin yang playwood SDN BHD Bintulu sebanyak 28 orang melalui PT Arwana Citra Lestari.

“Seluruh calon TKI ini telah melalui tahapan proses penempatan tenaga kerja luar negeri secara prosedural. Mulai proses rekrutmen dan seleksi sampai dengan tahapan pembekalan akhir pemberangkatan. Hingga akhirnya, diberangkatkan menuju tempat kerja sesuai dengan perjanjian kerja yang telah ditandatangani,” katanya.

Diungkapkan jika pada tahun 2017, jumlah TKI asal kabupaten Sambas sebanyak 871 orang. Terdiri dari 557 orang laki-laki dan 314 orang perempuan

“Dari 871 orang tersebut, sebanyak 752 orang berproses di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta LPSE P2TK LN kabupaten Sambas. Selebihnya sebanyak 119 orang, berproses di beberapa BP3TKI di luar provinsi Kalimantan Barat,” terangnya.

Sementara jika dilihat dari negara tujuan tempat TKI asal kabupaten Sambas, disebutkan sebagian besar bekerja di negara Malaysia.

“Negara tujuan tempat bekerja calon TKI asal kabupaten Sambas, negara tujuan Malaysia sebanyak 799 orang. Negara tujuan Brunei Darussalam sebanyak 43 orang, negara tujuan Pulau Solomon sebanyak 5 orang negara tujuan Taiwan sebanyak 15 orang. Negara tujuan Kongo sebanyak 1 orang dan negara tujuan Papua Nugini sebanyak 4 orang serta negara tujuan Jepang sebanyak 1 orang,” jelasnya.

Sementara dilihat dari khas asal kecamatan para calon TKI, kecamatan Tebas menurutnya merupakan kecamatan dengan jumlah TKI terbanyak dengan jumlah 189 orang. Kemudian disusul oleh Kecamatan Sejangkung sebanyak 99 orang, kecamatan Semparuk sebanyak 58 orang dan Kecamatan Teluk keramat sebanyak 56 orang.

“Pada tahun 2017 jumlah TKI asal Sambas terbanyak bekerja pada perusahaan Shin Yang playwood Bintulu SDN BHD, sebanyak 164 orang dan LINSHANHAO sebanyak 154 orang,” sebutnya.

(Gindra/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR