KPU: Empat Pasang Bakal Calon Wako Pontianak Sudah Mendaftar

KPU: Empat Pasang Bakal Calon Wako Pontianak Sudah Mendaftar

BERBAGI
Foto: Sujadi, Ketua KPU Kota Pontianak/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak empat bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak 2018 telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak.

Keempat bapaslon tersebut yakni pasangan Satarudin-Alpian Aminardi, pasangan Edi Rusdi Kamtono-Bahasan, pasangan Syarif Usmulyani Alqadrie-H. Deni Hermawan, dan pasangan Hary Adrianto-Yandi.

Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi, yang memimpin langsung penerimaan pendaftaran para bapaslon pilwako, menuturkan semua berkas yang wajib diserahkan yaitu berkas syarat pencalonan dan berkas syarat calon, telah diperiksa oleh tim verifikator dengan disaksikan oleh Panwaslu Kota Pontianak, dan tim penghubung pasangan keempat calon tersebut dinyatakan sudah lengkap.

“Semua calon dapat diterima pendaftarannya karena berkas syarat pencalonan dan berkas syarat calon dinyatakan lengkap,” tuturnya, Kamis (11/1).

Pasangan Satarudin-Alpian Aminardi ini diusung oleh Partai PDIP dan PKB, dengan jumlah kursi 11 kursi. Pasangan Edi Rusdi Kamtono-Bahasan diusung oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, PKPI, dan Gerindra, dengan jumlah kursi 20 kursi, kemudian pasangan Hary Adryanto dan Yandi diusung oleh Partai Hanura, PPP, dan PAN dengan jumlah total kursi 12 kursi.

Selanjutnya, pasangan yang maju melalui jalur perseorangan, yaitu Syarif Usmulyani Alqadrie – H. Deni Hermawan, memiliki dukungan dengan jumlah sementara 19.698 dukungan suara, dari total 35.423 dukungan suara yang disyaratkan.

“Kedepannya, pasangan ini harus menambah dua kali lipat kekurangan jumlah suara, seperti yang diamanatkan dalam peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Pencalonan”, tegas Sujadi.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY