Usai Diresmikan, Pelintas di Perbatasan Aruk Meningkat

Usai Diresmikan, Pelintas di Perbatasan Aruk Meningkat

BERBAGI
Foto: Kepala kantor Imigrasi Sambas, Uray Avian/Gindra

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala kantor Imigrasi Sambas, Uray Avian mengungkapkan pelintas batas di pintu perbatasan Indonesia Malaysia di Aruk Sajingan Besar Kabupaten Sambas terus mengalami peningkatan. Kondisi peningkatan tersebut terjadi setelah diresmikannya pintu perbatasan kedua negara, oleh presiden Jokowidodo tahun lalu.

“Melaksanakan tugas sesuai dengan arahan, sesuai dengan standar operasional prosedur apa yang telah diarahkan oleh Dirjen kita. Untuk perbatasan, alhamdulillah seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya. Setelah diresmikan oleh pak presiden, pelintas kita meningkat,” ujarnya, Kamis (11/1).

Dikemukakan jika road tax atau izin perlintasan kendaraan, memang belum bisa di lakukan di Aruk. Akan tetapi, pelintasnya baik itu WNI maupun warga negara asing sudah cukup tinggi.

“Nanti dengan dibukanya road tax itu, kemungkinan mobilitas pelintas ke tempat kita akan lebih tinggi. Artinya akan membawa dampak yang positif. Karena kita harapkan nanti, wisatawan dari Malaysia khususnya mungkin Brunei mereka tidak jauh-jauh untuk ke Sambas atau ke Kalbar,” terangnya.

Imigrasi Sambas menurutnya tidak akan mempersulit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami sebagai Imigrasi akan selalu memberikan kemudahan. Selagi itu sesuai dengan prosedur, dengan menggunakan paspor dokumen segala macam perjalanan. Izin segala macam, yang jelas di sini kami tetap selalu mendukung apapun yang diprogramkan oleh pemerintah daerah. Apalagi dengan menggalakan pariwisata,” katanya.

Disebutkannya, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diakuinya masih dalam kondisi apapun adanya.

“Dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), memang sementara ini kita memang apa adanya dahulu. Namun tetap anggota saya tetap semangat. Namun demikian kemarin kita baru menerima ASN, rencananya Kantor Imigrasi Sambas akan mendapat 20 ASN ditempatkan di perbatasan nanti. Penempatan mereka ada di Aruk, Paloh dan Sintete. Cuma mungkin konsentrasi yang besar di Aruk. Mudah-mudahan dengan 20 ASN baru itu, akan memperkuat kita dalam hal melayani masyarakat,” katanya.

(Gindra/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR