Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2017 di Pontianak Tak Capai Target

Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2017 di Pontianak Tak Capai Target

BERBAGI
Foto: Nurbaeti Munawaroh, Kepala KPP Pratama Pontianak/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pontianak, Nurbaeti Munawaroh, mengatakan masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak dari wajib pajak non karyawan, baik berupa badan maupun pribadi, sehingga hal itu berpengaruh pada tidak tercapainya target realisasi penerimaan pajak di Kota Pontianak.

“Dari sekitar 45.000 wajib pajak non karyawan yang tercatat di Kantor Pelayanan Pajak Kota Pontianak tidak sampai 20.000 wajib pajak yang membayar di tahun 2017. Pada tahun 2017 realisasi penerimaan pajak KPP Pontianak mencapai 2,409 triliun dari target 2,947 triliun, dengan persentase pencapaian 81,74 persen,” tuturnya, Jumat (12/1).

Dirinya menuturkan, tidak tercapainya realisasi target tahun 2017 akan penerimaan pajak di Kota Pontianak akan menjadi bahan evaluasi untuk tahun 2018. Karena itu dibutuhkan pengawasan intensif adalah wajib pajak non karyawan yang melakukan kegiatan usaha baik itu pengacara, akuntan, dokter, notaris, pengajar, pengusaha online, maupun para seniman atau atlet.

“Kerja keras 102 pegawai KPP Pontianak memang harus ditingkatkan lagi, meski jumlahnya terbatas karena harus mengawasi 180.000 wajib pajak. Kita dengan segala macam kapasitas yang ada di kantor sudah melakukan upaya extra effort untuk mencapai target penerimaan, tapi memang kesadaran ini belum tumbuh dalam diri masyarakat terutama wajib pajak non karyawan,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR