Keanekaragaman di Hutan Lindung Gunung Bawang

Keanekaragaman di Hutan Lindung Gunung Bawang

BERBAGI
Foto : Keanekaragaman di Hutan Lindung Gunung Bawang/R

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Jenis-jenis tumbuhan yang ada di Kalimantan sangat beranekaragam yang tersebar pada berbagai tipe-tipe hutan dengan ekosistem yang kompleks dan unik. Dimana pada setiap tipe-tipe hutan dan vegetasi memiliki keunikannya masing-masing. Tingginya tingkat keanekaragaman jenis ini menjadi suatu masalah dalam mengenal dan mempelajarinya.

Gunung Bawang merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Kalimantan Barat dengan ketinggian mencapai 1471 mdpl, yang merupakan salah satu ekosistem pegunungan hutan hujan tropis. Keberadaannya memiliki peranan penting dalam menjaga tata air, kesuburan tanah, dan menjaga keseimbangan ekosistem. Hutan Lindung Gunung Bawang memiliki keanekaragaman jenis pohon yang relatif tinggi.

Salah satu Vegetasi yang unik adalah Zona vegetasi hutan pegunungan atas di gunung bawang yang ditandai dengan hutan berlantai lumut dan didominasi oleh pohon-pohon kerdil, biasanya ditemukan mulai dari kisaran ketinggian 1000 mdpl sampai ke puncak tertinggi.

Jenis-jenis pohon pada kawasan gunung bawang ini sangat penting untuk dikonservasi, khususnya pelestarian jenis-jenis tumbuhan yang merupakan endemik dan langka. Mengingat kegiatan eksplorasi, penelitian, dan publikasi mengenai flora pegunungan di Kalimantan masih sangat jarang dilakukan, maka sangat diperlukan eksplorasi untuk mengungkap keberadaan flora didalamnya.

Andre Ronaldo salah satu mahasiswa fakultas kehutanan Untan melakukan penelitian di gunung bawang. Penelitian dilaksanakan selama kurang lebih seminggu di lapangan. Dari hasil penelitiannya ditemukan beberapa jenis pohon-pohon kerdil khas pegunungan atas.

Diantaranya dari famili podocarpaceae yaitu Phyllocladus sp, Darcrydium sp, Darcycarpus sp, dan Podocarpacarpus sp. Tumbuhan unik dari famili ericaceae yaitu vaccinium sp dan rhododendron malayanum. Serta beberapa jenis tumbuhan dari famili rubiaceae, myrtaceae, cluciaceae, dll.

Andre merupakan mahasiswa Fakultas  Kehutanan Untan yang sangat senang dengan dunia tumbuhan, khususnya di Kalimantan. Andre adalah orang pertama yang melakukan penelitian di zona vegetasi hutan pegunungan atas di Kalimantan Barat, hal ini merupakan catatan baru untuk publikasi flora pegunungan di Kalimantan.

“Penelitian di pegunungan atas tidaklah mudah, karena jalur yang terjal dan cuaca ekstrim, terkendala waktu, tenaga dan biaya, tapi karena saya sangat senang dengan dunia tumbuhan, saya ingin terus mengeksplorasi tumbuhan di hutan Kalimantan yang sangat luas dan masih sangat jarang di eksplorasi,” ujarnya.

(R/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY