Polisi Amankan Truk Bermuatan Empat Ton Solar di Sekadau

Polisi Amankan Truk Bermuatan Empat Ton Solar di Sekadau

BERBAGI
Foto : Polisi saat mengamankan solar sebanyak 4,392 di Sekadau/Ist

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalbar mengamankan sebuah truk yang diduga berisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar sebanyak kurang lebih 4,392 ton, di Jalan Raya Sekadau-Sintang, Kabupaten Sekadau, pada Jumat (12/1).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Purnomo menuturkan, setelah dilakukan penyelidikan dan pengecekan terhadap truk dengan nomor polisi KB 9851 V, milik pria dengan inisial A, yang sedang mengangkut BBM jenis solar 4,392 Ton yang dimuat dalam jerigen berkapasitas kurang lebih 68 liter sebanyak 59 jerigen yang dibeli dari SPBU PT Sinar Perkasa Sekadau di wilayah Kabupaten Sekadau.

“Modus operandi, bahwa A membeli BBM jenis Solar yang disubsidi pemerintah di SPBU PT Sinar Perkasa Kabupaten Sekadau dengan harga Rp. 5.350 per liter sementara harga BBM solar subsidi adalah Rp. 5.150 per liter atau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi, sehingga pihak SPBU memiliki keuntungan Rp. 200 per liter,” tuturnya, Sabtu (13/1).

Dirinya menuturkan, BBM jenis solar subsidi tersebut dibeli dan diperuntukkan untuk mengisi BBM kendaraan proyek yang dimiliki oleh pria berinisial E, yakni kontraktor di Kabupaten Sekadau.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka terhadap A, operator SPBU dan Barang Bukti dibawa ke Mako Polda Kalbar guna proses lebih lanjut. Pasal yang diterapkan, Pasal 55 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi,” pungkasnya.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR