Sungai Sijang Meluap, 60 Rumah Warga Terendam Banjir

Sungai Sijang Meluap, 60 Rumah Warga Terendam Banjir

BERBAGI
Foto : Sungai Sijang Meluap, 60 Rumah Warga Terendam Banjir/Gindra

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 60 rumah warga terendam banjir di Dusun Sehati, Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas. Air dengan ketinggian mencapai 20 cm merendam pemukiman warga di desa tersebut.

Wakapolres Sambas, Kompol Jovan R Sumual, mengemukakan, dari pengecekan debit air yang mengalir di Sungai Desa Sijang, Kecamatan Galing, dan pemantauan lokasi rawan banjir di Dusun Telapan, Desa Sijang Kecamatan Galing, pada Sabtu sore, sekitar pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.30  WIB.

Hasil pengecekan dan pemantauan dari Jembatan Sungai Sijang, terpantau debit air di Sungai Sijang mengalami peningkatan di atas normal.

“Permukiman warga di RT 05, RT 06, RT 07 dan RT 09 di Dusun Sehati, Desa Sijang terendam. Air dari Sungai Sijang meluap hingga ke sebagian jalan desa dan menggenangi halaman rumah warga. Yang paling dalam sekitar 60 cm, namun luapan air belum sampai hingga ke jalan raya provinsi, yakni jalur Sambas-Aruk. Di lokasi tersebut, ada sekitar 60 rumah warga yang dimasuki air, dengan ketinggian dari lantai rumah yang paling tinggi sekitar 20 cm,” ungkap Jovan.

Wakapolres menjelaskan, berdasarkan keterangan dari Kadus Sehati, Hairoman, dari pemantauannya, air diperkirakan mulai beranjak naik pada Sabtu dinihari, sekitar pukul 03.00 WIB.

“Hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi atau pun yang diungsikan,” tegasnya.

Adapun personel yang melaksanakan pengecekan dan pemantauan tersebut yakni Kapolsek Galing, Iptu Dwiyono bersama Anggota Polsek Galing, Bripka Adi Penuntun. Bhabinkamtibmas Polsek Galing, Brigpol Heru Bowo, kemudian Kades Sijang, Rusdin, Kadus Sehati, Hairoman serta Ketua RT05/ RW02, Muslimin.

“Dari hasil koordinasi dengan para Kades lain se Kecamatan Galing. Hingga saat ini, hanya di Desa Sijang saja yang mengalami luapan air, sedangkan di desa-desa yang lain tidak ditemukan terjadinya luapan air,” terang Wakapolres.

(Gindra/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR