Alasan Perempuan Lebih Panjang Umur Dibandingkan Lelaki

Alasan Perempuan Lebih Panjang Umur Dibandingkan Lelaki

BERBAGI
Foto : Ilustrasi rahasia umur panjang/Shutterstock

Thetanjungpuratimes.com – Sebuah penelitian dilakukan Duke University menemukan fakta bahwa dibandingkan lelaki, kaum hawa cenderung memiliki umur lebih panjang. Bahkan, studi ini juga menyebut bahwa perempuan juga bisa bertahan dalam kondisi terburuk sekalipun seperti saat kelaparan atau pada fase epidemi penyakit tertentu.

Virginia Zarulli, Asisten Profesor di Duke University mengatakan secara biologis, perempuan memang lebih kuat dibandingkan lelaki. Hal ini terlihat dari kecenderungan bayi perempuan yang memiliki angka kematian lebih rendah dibandingkan bayi lelaki.

“Pada masa kesengsaraan, anak perempuan yang baru lahir cenderung lebih dapat bertahan daripada anak lelaki yang baru lahir,” ujar Virginia.

Faktor genetik dan hormonal yang dimiliki perempuan, kata Virginia, membuat mereka dapat hidup lebih lama dari lelaki rata-rata enam bulan hingga empat tahun. Menurut dia, hormon estrogen yang hanya dimiliki perempuan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit menular.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences, tim peneliti menganalisis data kematian 250 tahun yang lalu terhadap orang-orang yang meninggal karena kelaparan, penyakit atau kemalangan lainnya.

Data yang melibatkan tujuh generasi ini menemukan bahwa anak perempuan yang baru lahir lebih tangguh daripada anak lelaki yang baru lahir karena faktor biologis.

(Zeenews/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR