Dua Oknum Anggota Polres Kapuas Hulu Dipecat

Dua Oknum Anggota Polres Kapuas Hulu Dipecat

BERBAGI
Foto: Foto: Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi SIK mengatakan, jika pada tahun 2017 kemarin pihaknya sudah melakukan pemecatan terhadap dua orang oknum polisi yang bertugas di jajaran Polres Kapuas Hulu.

“Pencegahan tindakan negatif dan melawan hukum oleh aparat penegak hukum sangat penting. Saling mengawasi antar anggota dalam satuan harus diterapkan dalam satuan,” katanya, Minggu (14/1).

Segala bentuk indikasi, katanya harus benar-benar terpantau dalam satuannya masing-masing, kalau dari hal kecil, seperti kedisiplinan sudah saling peduli, kemudian ada reward and punishment-nya, maka dirinya yakin akan anggota akan terbuka sehingga permasalahan yang dapat memicu tindakan negatif itu akan terbuka, ini yang akan diterapkan.

Dalam satuan, kata Imam, pendekatan emosional dan batin sangat diperlukan. Sebab hal tersebut akan membuat satu sama lain saling terbuka dan mengarahkan kepada hal-hal yang baik.

“Jangan sampai anggota itu acuh dengan perwiranya, sementara perwiranya apatis dengan anggotanya,” tutur Kapolres.

Kapolres menegaskan dirinya memang tidak main-main dalam menindak aparatnya yang berbuat melanggar hukum. Bahkan ada bentuk hukuman berupa pemecatan terhadap anggota.

Proses hukum terhadap anggota yang melanggar huku, ditegaskan Kapolres tidak akan ditutup-tutupi. Sebab polisi bekerjanya berdampingan dengan masyarakat, harus betul-betul bermitra dengan masyarakat.

“Kalau Polisi itu tidak bermitra dengan masyarakat, kemudian dia dipecat karena tindakan melawan hukum, saat kembali ke masyarakat tentu tidak ada gunanya lagi,” tegas Kapolres.

Kalau ada masyarakat yang mendapat perlakuan tidak baik dari anggotanya, Kapolres meminta agar masyarakat melapor ke bagian pengaduan Polres Kapuas Hulu.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR