Figur Madura di Pusaran Pilwako Pontianak, Ini Menurut Pengamat

Figur Madura di Pusaran Pilwako Pontianak, Ini Menurut Pengamat

BERBAGI
Foto : Ilustrasi/Kurniadi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Fenomena figur dari kalangan masyarakat Madura di pusaran Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Pontianak 2018 menjai perhatian dari masyarakat Kota Pontianak.

Pengamat Politik Universitas Tanjungpura, Dr. Erdi M.Si, mengatakan, hal tersebut dapat dikaji dari afiliasi politik dengan melihat dari berbagai sudut pandang, yakni agama, etnis, gender, daerah atau tempat asal, kepentingan, serta paradigma politik. Keenam isu ini dikemas sedemikian rupa untuk menjadi bahan yang dapat menggugah pemilih untuk memilih.

“Dari keenam faktor tersebut, afiliasi politik salah satunya dari segi kelompok etnis sebagai pendulang suara, ketika calon wali kota melihat masyarakat Madura itu terkonsentrasi di Kota Pontianak yakni sekitar 12 persen,” tuturnya, Minggu (14/1).

Dirinya menambahkan, wali kota dengan gandengan orang Madura itu diharapkan bisa meraih 12 persen suara orang Madura. Sekarang kembali lagi ke para calon Wakil Wali Kota Pontianak dari para figur Madura yang paling mengakar kepada masyarakat Madura yang akan memperoleh dukungan terbanyak.

“Wakil wali kota dari figur Madura pada Pilwako ini, ingin mengambil suara yang 12 persen dari masyarakat Madura yang tersebar di Kota Pontianak. Fakta ini adalah sebuah yang membuat ketertarikan para bakal calon wali Kota untuk merekrut wakilnya dari kalangan Madura,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR