Merokok Bikin Ketagihan, Ini Bukti Ilmiahnya

Merokok Bikin Ketagihan, Ini Bukti Ilmiahnya

BERBAGI
Foto : Ilustrasi berhenti merokok/Shutterstock

Thetanjungpuratimes.com – Menurut data dari kelompok peneliti asal Inggris, orang yang coba-coba untuk merokok, akan berakhir menjadi perokok tetap.

Data yang diterima dari Inggris, AS, Australia dan Selandia Baru menemukan fakta bahwa sekitar 60,3 persen orang yang mencoba merokok akan berkembang menjadi kebiasaan sehari-hari.

Meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine & Tobacco Research didasarkan pada data dari 215.000 responden dalam delapan survei yang dilakukan antara 2000 hingga 2016 dan terdapat dalam Global Health Data Exchange.

Peneliti utama, Prof Peter Hajek dari Queen Mary University of London, mengatakan bahwa penelitian ini adalah pertama kalinya yang memaparkan hubungan antara mencoba (belajar) merokok dan menjadi perokok.

“Kami telah menemukan bahwa tingkat konversi dari perokok pertama kali ke perokok tetap sangat tinggi, yang membantu memastikan pentingnya mencegah eksperimen rokok,” katanya dilansir BBC.

Kepala eksekutif gerakan Aksi Merokok dan Kesehatan di Inggris, Deborah Arnott menyerukan agar pemerintah Inggris memperketat penjualan tembakau di sana.

“Pemerintah menolak memberikan perizinan untuk pengecer tembakau, meski ada dukungan kuat untuk ini baik dari kalangan publik maupun pengecer,” katanya.

Meski begitu, tim penulis penelitian mengatakan ada keterbatasan dari apa yang mereka hasilkan terutama tentang keakuratan ingatan responden terhadap sejarah merokok mereka.

(BBC/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY