Diduga Menambang Emas Tanpa Izin, Tiga Pria Diamankan Polres Sekadau

Diduga Menambang Emas Tanpa Izin, Tiga Pria Diamankan Polres Sekadau

BERBAGI
Foto: Polres Sekadau saat mendatangi lokasi PETI/Istimewa

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Satreskrim Polres Sekadau mengamankan tiga pria yang diduga melakukan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI). Ketiganya diamankan polisi di daerah Dusun Amak, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (13/1) lalu. Tak hanya itu, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti untuk menunjang aktivitas PETI.

Tiga orang yang diamankan itu masing-masing Hendri, Maurus dan Ab Syahlan. Mereka diamankan di hamparan yang sama, namun berbeda tempat di daerah Dusun Amak, Desa Sungai Kunyit. Kini, ketiganya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kasat Reskrim Polres Sekadau, IPTU M Ginting menuturukan, pihaknya menerima informasi adanya kegiatan PETI di daerah tersebut, dan langsung menyelidiki kebenaran informasi tersebut.

“Benar saja, setelah diselidiki informasi tersebut benar adanya. Kami langsung menindak pelaku PETI, tiga orang kami amankan di hamparan yang sama tapi tempatnya berbeda,” ujarnya, Senin (15/1).

Selain mengamankan tiga orang tersebut, kata Ginting, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti. Barang bukti PETI yang diamankan diantaranya, mesin dieselmerk tianli, mesin pump, paralin hingga alat pendulang.

“Ketiganya bersama barang bukti sudah diamankan di Mapolres Sekadau,” ucap Ginting.

Ketiganya, kata dia, disangka melanggar pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar.

(Yahya/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR