Untan Melakukan Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan di Nyarumkop Singkawang

Untan Melakukan Pengabdian Masyarakat untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan di Nyarumkop Singkawang

BERBAGI
Foto : Gambar Warga Peserta Diseminasi Bersama Bantuan Peralatan dari LPPKM Untan Melalui Program Diseminasi/R

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Nyarumkop merupakan salah satu kelurahan di Singkawang Timur, Kota Singkawang, yang merupakan sentra jagung baik hibrida maupun jagung lokal. Permasalahan yang dihadapi  pupuk yang langka dan kadang dipalsukan, menjadi salah satu permasalahan pada budidaya jagung dan mengakibatkan pendapatan yang rendah bagi petaninya. Selain hal tersebut, masyarakat petani di daerah ini kemandirian pangannya masih rendah, karena di dalam rumah tangganya selalu memanfaatkan mie instan dari terigu, padahal jagung dapat dibuat menjadi tepung dan selanjutnya untuk produksi mie.

Kemandirian pangan merupakan salah satu dimensi pengukuran ketahanan pangan. Oleh karena itu Tim Untan yang diketuai oleh Dr. Ir. Yohana S.K.Dewi, MP dengan anggota Oke Anandika Lestari, STP, MSi. dan Dr. Sholahuddin melalui program diseminasi teknologi kemasyarakat telah melakukan diseminasi teknologi pupuk organik dari limbah tanaman jagung dan diversifikasi olahan berbasis jagung dalam bentuk tepung dan mie jagung untuk pemecahan masalah tersebut selama tahun 2017.

“Kegiatan diseminasi teknologi ini disambut baik oleh Lurah Nyarumkop, Rizal Ardy Wiansyah, S, STP. Dia berharap masyarakatnya dapat berkreasi sehingga menghasilkan kegiatan yang mendorong tercapainya peningkatan keterampilan sumber daya manusia bagi masyarakat yang belum produktif,” ujar Yohana.

Kegiatan ini juga didukung oleh seluruh Ketua RT di kelurahan tersebut dengan mengirimkan dua peserta perwakilan sehingga dapat mempercepat difusi teknologinya.

Selama kegiatan antusiasme masyarakat sangat tinggi terbukti dengan tidak adanya warga yang pulang sampai kegiatan selesai dan partisipasinya yang diberikan sangat tinggi sehingga peningkatan keterampilan sumber daya manusia meningkat.

Pada awal tahun 2018 diharapkan bantuan peralatan dari Untan dapat menjadi inisisasi usaha baru di Nyarumkop.

(R/Muh)

Foto : Gambar Peran Aktif Masyarakat Dalam Diseminasi Pembuatan Pupuk Organik/R

TIDAK ADA KOMENTAR