Atasi Banjir di Siantan Hulu, Pemkot Kerahkan Ekskavator

Atasi Banjir di Siantan Hulu, Pemkot Kerahkan Ekskavator

BERBAGI
Foto : Edi Rusdi Kamtono, Wakil Wali Kota Pontianak/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kota Pontianak bersama Balai Wilayah Sungai, Dinas PU, BPBD dan PT BPK menggelar rapat koordinasi membahas dampak lingkungan dan banjir di kawasan Sungai Malaya, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, pada Jumat (19/1).

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, menuturkan, pertemuan tersebut bertujuan mengambil langkah-langkah cepat untuk mengatasi genangan atau banjir di sekitar Sungai Malaya, Bentasan, Parit Nenas dan Parit Pangeran.

“Langkah cepat yang pertama besok akan mengerahkan ekskavator, untuk membersihkan gulma yang ada di sepanjang Sungai Malaya, jadi hambatan-hambatan aliran akan segera kita atasi. Langkah yang kedua jangka panjang, akan studi untuk pembangunan danau buatan yang berfungsi untuk penampung air, ini juga salah satu upaya untuk meninggikan lahan,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, harus membuat regulasi secara ketat untuk bangunan-bangunan di wilayah tersebut, diantaranya dengan membuat lantai yang tinggi di atas permukaan air pasang.

“Penyelamatan jiwa sudah kita lakukan, baik dinas sosial maupun BPBD bersama kelurahan, kecamatan dan masyarakat membantu untuk menangani masyarakat yang terdampak akibat banjir. PT BPK tetap akan membantu peralatan ekskavator untuk mempercepat membersihkan gulma,” pungkasnya.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR