Polisi Gagalkan Penyelundupan 17 Calon TKI Ilegal ke Malaysia

Polisi Gagalkan Penyelundupan 17 Calon TKI Ilegal ke Malaysia

BERBAGI
Foto : Polisi Gagalkan Penyelundupan 17 Calon TKI Ilegal ke Malaysia/Ist

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Polda Kalbar bersama Polres Sanggau dan Polsek Entikong berhasil menggagalkan penyelundupan 17 orang calon TKI ilegal melalui jalan tikus ke Sarawak, Malaysia, pada Jumat (19/1) dinihari.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Purnomo, mengatakan, penyelundupan calon TKI ini diduga kuat melibatkan jaringan penyalur tenaga kerja di Malaysia.

“Empatbelas diantara calon TKI ini asal Jawa Barat, satu dari Kupang dan dua lainnya dari Sulawesi,” tuturnya, pada Sabtu (20/1).

Nanang menjelaskan, 17 calon TKI ini dibawa dari Pontianak menggunakan jasa angkutan antar jemput. Sesampainya di Entikong, mereka diarahkan ke Sarawak melalui jalan tikus di jalan Patoka yang menghubungkan Dusun Entikong Benuan, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dengan Kampung Entubuh, Sarawak, Malaysia.

Polisi juga mengamankan dua orang tersangka yang membawa para calon TKI ini. Kedua orang berinisial SI alias Jojo dan AN ini diduga bekerjasama dengan penyalur tenaga kerja di Malaysia. Dari keterangan keduanya, biaya pengiriman semua calon TKI itu ditanggung oleh agen yang berada di Malaysia.

“Dari keterangan sementara kedua tersangka agen di Malaysia itu inisialnya C. Kita masih mengembangkan keterangan kedua tersangka untuk mengungkap kemungkinan keterlibatan pihak lain,” pungkasnya.

(R/Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR