Antisipasi Peredaran Narkoba Melalui Jalur Laut, TNI AL Laksanakan Patroli

Antisipasi Peredaran Narkoba Melalui Jalur Laut, TNI AL Laksanakan Patroli

BERBAGI
Foto: Kapal Posmat TNI AL yang sedang berpatroli di Mu‎ara Kubu/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Prajurit Pos Pengamat (Posmat) TNI AL Muara Kubu Lantamal XII Pontianak melaksanakan kegiatan patroli terbatas dalam rangka menjaga kemanan, dan mengantisipasi masuknya narkoba melalui jalur laut, sekaligus penertiban surat dokumen kapal dan alat tangkap di perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.

Kadispen Lantamal XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono, menuturkan, pelaksanaan patroli tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL Muara Kubu Lantamal XII Pontianak, Pelda Mes Satuhir, beserta satu orang anggota menggunakan alusista Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-1, dengan cuaca berawan, angin Barat Daya bertiup sedang dan gelombang laut sekitar 0,5 meter sampai dengan 1,5 meter.

Dirinya menuturkan, dari hasil pelaksanaan patroli telah diperiksa Kapal Tug Boat (TB) atas nama Armada Samudra 9 yang menggandeng TKG Ratu Juwita dengan muatan Premium 1.051,398 T, Petralite 1.052,737 T, dan Diesel Oil 1.678,404 T. Dengan pengirim dari PT. Pertamina Region I Tanjung Uban dan penerima dari PT. Pertamina Mor IV Sanggau Kalimantan Barat.

“Setelah diperiksa tidak ditemukan indikasi pelanggaran baik dari kelengkapan surat dan jumlah muatan, kemudian kapal diijinkan melanjutkan pelayaran kembali,” ujarnya.

Dalam melakukan patroli, Posmat Muara Kubu juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping dan Tim Search And Rescue (SAR). Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR