Warga Berharap Pemkab Sekadau Segera Perbaiki Jalan Pangkin

Warga Berharap Pemkab Sekadau Segera Perbaiki Jalan Pangkin

BERBAGI
Foto: Kondisi jalan Pangkin yang mengalami rusak berat/Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Kondisi jalan menuju Pangkin, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir sangat memprihatinkan. Kondisinya yang masih berupa jalan tanah itu semakin rusak, apalagi saat musim hujan seperti saat ini.

Jalan Pangkin–Kemawan juga menjadi akses penghubung menuju Desa Menterap Kecamatan Sekadau Hulu. Masyarakat berharap, adanya perhatian terhadap kondisi jalan tersebut.

Salah seorang warga, Agus berharap adanya perhatian dari pihak terkait mengenai kondisi jalan tersebut. Kendati demikian, ia juga mengapresiasi pemkab yang selama ini telah menganggarkan untuk pembangunan jalan yang ada di Kabupaten Sekadau.

“Tentu harapannya kondisi jalan tersebut dapat diperhatikan. Mengingat ada beberapa titik kerusakannya cukup parah,” ujar Agus, Senin (22/1)

Paling tidak, kata Agus, perbaikan tersebut dilakukan disejumlah titik yang dinilai cukup parah kerusakannya. Sehingga, masyarakat bisa nyaman saat melintas. Mengingat, wilayah tersebut masih masuk dalam kota Sekadau.

“Tentu harapan kami kondisi tersebut mendapatkan perhatian. Apalagi, di Pangkin–Kemawan ada ratusan kepala keluarga, setiap hari tentu ada aktivitas masyarakat yang melintasi jalan tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau, Heri Handoko Susilo menuturkan, pemerintah daerah terus membangun baik itu peningatakan jalan, pemeliharaan, pengaspalan hingga pembukaan jalan baru. Dalam pembangunan tersebut, tentunya disesuaikan dengan kemampuan daerah. Namun, ia belum bisa memastikan ada tidaknya pembangunan jalan tersebut pada tahun ini.

“Seperti diwilayah Sekadau Hulu jalan ke Desa Boti dan Mondi diaspal, lalu di Nanga Mahap dan Nanga Taman juga demikian. Intinya, pembangunan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan angagran daerah, jika tidak tahun ini tentu diajukan ditahun berikutnya,” jelasnya.

Pada 2018, kata dia, Pemkab telah menganggarkan untuk peningkatan jalan di wilayah Belitang. Secara bertahap, pemerintah terus membangun akses jalan sesuai dengan skala prioritas.

“Dari tahun lalu sudah dianggarkan. Untuk 2018 ini, dianggarkan lagi agar masyarakat akses jalan wilayah tiga Belitang lebih baik sehingga mendorong peningkatan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

(Yahya/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR