Ini Kriteria Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

Ini Kriteria Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

BERBAGI
Foto: TNI AL sosialisasi alat tangkap ikan ramah lingkungan kepada nelayan tradisional Kendawangan, Kabupaten Ketapang/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Komandan Pos TNI AL Kendawangan Lantamal XII Pontianak, Letda Laut (P) Heri Widakdo, mengatakan, ada beberapa kriteria alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Kriteria alat tangkap ikan yang ramah lingkungan yaitu memiliki selektifitas tinggi, tidak merusak lingkungan, tidak membahayakan lingkungan,” katanya, Rabu (24/1) sore.

Dirinya melanjutkan, alat tangkap ikan ramah lingkungakan akan memiliki hasil tangkapan berkualitas tinggi, produk tidak membahayakan konsumen, memberikan dampak rendah terhadap lingkungan, tidak menangkap ikan spesies tertentu dan diterima secara sosial.

“TNI AL Kendawangan Lantamal XII Pontianak telah menyampaikan tentang alat tangkap ikan yang ramah lingkungan ini kepada nelayan tradisional yang berada di wilayah Kendawangan, bertempat di Dermaga Sentap Kendawangan, Kabupaten Ketapang,” katanya.

Dirinya berharap para nelayan khususnya nelayan tradisional Kendawangan dan wilayah pesisir lainnya bisa lebih mengerti dan memahami tentang kelestarian sumber daya ikan.

“Semoga para nelayan bisa mengaflikasikan alat tangkap yang ramah terhadap lingkungan sekaligus bertanggung jawab pada keberlangsungan sumber daya ikan diperairan Kalimantan Barat,” harapnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR