Mantan Mendikbud Orde Baru Daoed Joesoef Meninggal Dunia

Mantan Mendikbud Orde Baru Daoed Joesoef Meninggal Dunia

BERBAGI
Foto : Mantan Mendikbud Orde Baru Daoed Joesoef/dok PNRI-suara.com

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef meninggal dunia di usia 91 tahun. Dia adalah Mendikbud era orde baru Presiden Soeharto.

Lelaki kelahiran Medan, 8 Agustus 1926 itu meninggal, Selasa (23/1/2018) pukul 23.55 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan.

Jenazah Daoed akan disemayamkan di Sekolah Garuda Cendekia. Lalu dia akan dimakamkan di Pemakaman Giri Tama, Bogor, Jawa Barat siang harinya.

Daoed menjadi Mendikbud sejak 1978 sampai 1983 dalam Kabinet Pembangunan III. Daoed memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1959). Setelah itu ia meneruskan belajar Ilmu Keuangan Internasional dan Hubungan Internasional ke Sorbonne, Perancis dan meraih dua gelar doktor.

Daoed Joesoef adalah salah seorang tokoh yang ikut mendirikan CSIS (Centre for Strategic and International Studies), sebuah tangki pemikir yang banyak dimanfaatkan sumbangannya oleh pemerintahan Orde Baru.

Pada masa jabatannya sebagai menteri, Daoed Joesoef terkenal karena kebijakannya memperkenalkan NKK/BKK (Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan) yang intinya dimaksudkan untuk membersihkan kampus dari kegiatan-kegiatan berpolitik.

(suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR