SMA Sederajat di Sekadau Akan Melaksanakan UNBK

SMA Sederajat di Sekadau Akan Melaksanakan UNBK

BERBAGI
Foto : Sumardi, Kepala SMA Karya Sekadau/Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan digelar pada April mendatang. Pada tahun ini, SMA, SMK dan MA akan melaksanakan UNBK. Beberapa sekolah diantaranya akan bergabung kesekolah lainnya.

Kepala SMA Karya Sekadau, Sumardi, mengatakan, beberapa sekolah diantaranya akan bergabung ke sekolah lainnya saat UNBK nantinya. Sekolah yang akan menginduk nantinya SMA Negeri 4 Sekadau akan menginduk ke SMK Amaliyah Sekadau.

“MAN Sekadau ke SMK Amaliyah, SMA Al Iqdam Merapi ke SMK Amaliyah Sekadau. SMA PGRI Belitang ke SMA Karya, SMA Negeri 1 Nanga Taman ke SMK Negeri 1 Nanga Taman,” ujarnya, Senin (29/1).

Ia mengatakan, secara mandiri sekolah yang melaksanakan UNBK. Agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar, para proktor diberikan penjelasan. Hal itu juga sebagai wujud pembinaan terhadap sekolah yang akan melaksanakan UNBK.

“Februari nanti akan dilaksnaakan simulasi kedua dan Maret juga akan kembali dilakukan. Pelaksanaan UNBK sendiri dilaksanakan pada April mendatang,” ucapnya.

Selain itu, kata Sumardi, nantinya juga akan dilaksanakan try out secara manual yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten pada Februari dan Maret mendatang. Kendati kewenangan SMA sederajat sudah dialihkan ke provinsi, Pemkab turut serta melakukan pembinaan.

“Kami apresasi dan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan DPRD Kabupaten Sekadau yang mau membantu,” ungkapnya.

SMA Karya menjadi sekolah yang melaksanakan UNBK untuk kedua kalinya pada tahun ini. Sumardi menilai, pelaksanaan UNBK integritasnya sangat tinggi. Sebab, tingkat kecurangan sangat tidak memungkinkan terjadi dalam pelaksanaan UNBK.

“Karena yang membuka password hanya siswa itu sendiri, mengerjakan sendiri. Password tidak bisa dibuka sebelum waktunya,” kata dia.

Di SMA Karya Sekadau, kata dia, pada tahun ini menggunakan komputer sekolah. Pihaknya, kata dia, memiliki sebanyak empat laboratorim komputer.

“Nanti sistemnya tetap menggunakan sesi. SMA Karya ada 228 siswa kelas XII dan anak-anak memang harus menguasi TIK. Simulasi yang dilakukan itu menjadi gambaran pelaksanaan UNBK nantinya,” pungkasnya.

(Yahya/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR