UPPD Kapuas Hulu Lampaui Target Pajak

UPPD Kapuas Hulu Lampaui Target Pajak

BERBAGI
Foto: Husin Indra/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Kabupaten Kapuas Hulu pada tahun 2017 berhasil melampaui target perolehan pajak sebanyak Rp27 miliar dari Pemrov Kalbar. Tahun lalu UPPD Kapuas Hulu menerima pendapatan sebanyak Rp30 miliar.

Kasi Penetapan UPPD Kapuas Hulu, Husin Indra menuturkan target pajak yang paling banyak menyumbang pendapatan daerah adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Dari target Rp12,4 milyar yang terealisasi Rp14,2 miliar. Selain itu pajak dari Bea Balik Nama (BBN-KB), targetnya Rp14,2 miliar dan terealisasi sekitar Rp16 miliar.

“Meski akumulasi target pajak tercapai, jika dirinci satu persatu ada juga target pajak yang tidak tercapai, yaiu Pajak Kendaraan Air (PKA), BBN-KA,” katanya, Senin (29/1).

Menurut Husni masyarakat Kapuas Hulu sudah mulai sadar untuk membayar pajaknya terutama Pajak Kendaraan Bermotor. Meskipun pihaknya juga dibantu kepolisian untuk menyadarkan masyarakat pentingnya bayar pajak melalui razia kendaraan.

“Dalam pemenuhan target pajak tersebut, kami juga membuka gray dilima kecamatan yang ada di Kecamatan Badau, Hulu Gurung, Bunut Hulu, Silat Hilir. Gray ini tujuannya agar masyarakat yang membayar pajak tidak terlalu jauh,” ungkapnya.

Untuk tahun ini kata Husin, dirinya belum tahun berapa target pajak yang akan diberikan oleh Pemrov Kalbar, namun melihat dari target capaian pajak tahun 2017 kemarin, ia memperkirakan target pajak tahun 2018 ini jumlah pasti akan naik lagi.

Namun kata Husin, pihaknya juga ada jemput bola dalam menagih pajak, seperti penagihan pajak untuk alat berat, PAP, BBN-KA.

“Seperti penagihan pajak alat berat, kami dor to dor ke perusahaan. Masalah dalam penagihan itu pasti ada, ucapnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk sadar membayar pajak, karena pembayaran pajak ini untuk pembangunan daerah dan bisa dilakukan pembayarannya secara online.

”Saya ingatkan masyarakat bayar jangan telat,” tuntasnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR