Polda Kalbar Tangkap Pria Asal Kupang Terduga Penipuan

Polda Kalbar Tangkap Pria Asal Kupang Terduga Penipuan

BERBAGI
Foto: AM, yang diduga melakukan tindak pidana penipuan/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Beredar informasi seorang pria berisial AM, diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dengan mengatasnamakan agama. Polda Kalbar berhasil menangkap AM pada Selasa (30/1) sekitar pukul 09.20 WIB.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Purnomo membenarkan informasi yang beredar terkait penangkapan terhadap AM tersebut.

“Iya benar, saat ini AM sedang dimintai keterangan oleh Polda Kalbar, kita tunggu hasilnya,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, yang disampaikan oleh Mualaf Center Indonesia (MCI), AM pria asal Kupang mengaku mualaf dan ex pastor, mengaku utusan MCI Jakarta dan mengaku utusan MUI Jakarta.

Modus yang dilakukan oleh AM yakni mendekati dan mengajak masyarakat serta beberapa komunitas, juga DKM masjid untuk mengadakan acara, sebagai contoh Tabligh Akbar, dan disampaikan bahwa akan ada pemateri dari beberapa ustadz kondang. Itu adalah awal pemetaan yang ia lakukan. Setelah terbentuk panitia untuk acara tersebut, ia meminta dana untuk transportasi beberapa ustadz tersebut sebagai DP agar fix dalam acara yang akan dilaksanakan.

Saat mendekati acara tersebut, ia menghilang dan membawa dana tersebut. Hal ini sudah ia lakukan di Berau, Kalimantan Timur dan Kolaka, Sulawesi Tenggara. Di Berau ia berhasil menggondol tidak kurang dari Rp10 juta, dan di Kaloka sebesar Rp4 juta.

Selain itu, AM juga punya track record buruk terhadap jamaah haji dan umrah di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Tidak tanggung-tanggung dana yang AM bawa tidak kurang dari Rp1 miliar. AM sudah dilaporkan ke Kepolisian Negara Daerah Kalimantan Timur Resor Paser dan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam Kasus Pidana Penipuan Ongkos Naik Haji.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR