BI: Potensi Ekonomi Kalbar Masih Terbuka Lebar

BI: Potensi Ekonomi Kalbar Masih Terbuka Lebar

BERBAGI
Foto: Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Kalbar, Prijono, serta G-Coach, foto bersama usai pembukaan kegiatan Pontianak Balak/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pada Kegiatan Pontianak Balak, Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Kalbar, Prijono mengatakan, Ekonomi Indonesia saat ini terus tumbuh, termasuk di Kalimantan Barat.

“Penyebaran kue ekonomi yang ada sampai saat ini masih tinggi di pulau Jawa, jumlahnya 42 persen, sementara Sumatera 23 persen, Jakarta 18 persen dan untuk daerah lainnya jumlahnya hanya 17 persen,” katanya, Rabu (31/1).

Menurutnya, penyebaran kue ekonomi yang lebih besar di pulau Jawa dan Sumatera menjadi tanda tanya, karena dari segi luasan, pulau Kalimantan sangatlah luas.

“Untuk itu, peran UKM dan pelaku usaha di Kalimantan jelas sangat tinggi, karena potensi usahanya masih terbuka lebar. Peluang ini tentu harus dimanfaatkan bersama-sama, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri,” katanya.

Oleh karena itu, target pertumbuhan ekonomi tidak hanya tinggi, tetapi juga merata agar tidak terjadi ketimpangan.

“Untuk menyelesaikan ketimpangan ini, kita semua harus bisa menjadi aktor, sehingga tidak hanya dilakukan oleh segelintir orang saja,” pungkasnya.

Kegiatan Pontianak Balak diikuti oleh 300 mahasiswa dan mahasiswi  Untan, 1300 pelaku usaha di  Kota Pontianak dan menghadirkan sejumlah pemateri Nasional, yang akan mengarahkan para pelaku usaha Pontianak untuk Go Nasional.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR