Amankan Pilkada, Polresta Pontianak Gelar Tactical Floor Game

Amankan Pilkada, Polresta Pontianak Gelar Tactical Floor Game

BERBAGI
Foto: Tactical Floor Game yang digelar Polresta Pontianak/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka pengamanan Pilkada 2018, Polresta Pontianak menggelar Tactical Floor Game (TFG). Kegiatan ini merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan.

Dalam pelatihan TFG ini, Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Purwanto memaparkan dan memperagakan simulasi pengamanan Kota Pontianak apabila terjadi unjuk rasa yang tidak menerima hasil pemungutan suara, yang mengarah terhadap kerusuhan massa.

“Pelatihan TFG dalam penanganan unjuk rasa yang tidak puas terhadap hasil pemungutan suara yang akan melakukan demo di kantor KPU. Proses tahapan-tahapan penanganan pada TFG disampaikan secara voice dan visual dengan miniatur seperti aslinya, sehingga para peserta pelatihan mengetahui dan memahami penanganan terkait apabila adanya unjuk rasa saat tahapan pelaksanaan Pilkada,” ujarnya, Senin (5/2).

Dirinya menuturkan, personel harus menerapkan fase-fase penanganan massa. Diantaranya dengan pendekatan, tidak menggunakan senjata api, hingga fase kelima menggunakan security barier, water canon dan gas air mata.

“Tapi kalau aksi sudah anarkis, pembakaran dan membahayakan masyarakat serta petugas, maka yang menangani adalah kompi anarkis Brimob yang dibekali dengan peluru hampa, karet, dan tajam. Senjata ini sebatas melumpuhkan, dibawah pinggul. Tahapan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR