Dinkes Kapuas Hulu Gelar Pertemuan Evaluasi JKN

Dinkes Kapuas Hulu Gelar Pertemuan Evaluasi JKN

BERBAGI
Foto: Kasi Pembiayaan dan Jamkes Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Agustina R Pakpahan memberikan materi kepada peserta pertemuan peningkata kapasitas petugas Program JKN/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Dinas Kesehatan Kapuas Hulu melakukan pertemuan peningkatan kapasitas petugas dan evaluasi program Jaminan Kesehatan Nasional di aula Sekretariat Daerah setempat, Selasa (6/2) pagi. Rapat tersebut sekaligus mengevaluasi kinerja terhadap Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Bendahara JKN dan pengelola P-Care Puskesmas se-Kapuas Hulu guna mewujudkan Universal Health Coverage (Cakupan Kesehatan Menyeluruh).

Kasi Pembiayaan dan Jamkes Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Agustina R Pakpahan mengatakan, pertemuan yang dilakukan pihanya bertujuan untuk memberi penjelasan kepada peserta kegiatan agar mampu memahami kebijakan program JKN. Kemudian diharapkan peserta mampu memahami indikator kinerja FKTP dan diperolehnya strategi khusus untuk mengoptimalkan pelaksanaan program JKN.

“Evaluasi hari ini kepada Kepala Puskesmas dan lainnya, kami ingin melihat sejauhmana program yang mereka capai, kemudian pelayanan JKN mereka seperti apa dan lainnya,” katanya.

Perempuan yang karib disapa Tina ini mengungkapkan, selain itu pihaknya mengingatkan kepada mereka ini untuk terus mengedukasi masyarakat Kapuas Hulu untuk menjadi peserta BPJS.

”Karena dengan masyarakat menjadi anggota BPJS maka jaminan kesehatannya lebih terjamin. Diusahakan nanti masyarakat yang sakit tidak punya biaya karena sudah dijamin BPJS,” tuturnya.

Desi Wulantari, Kepala Puskesmas Putussibau Utara mengatakan untuk pelayanan dinwilayah mereka sejauh ini terus meningkat jumlah pasien yang berkunjung.

“Karena kami dibantu dengan empat dokter dan sumber daya manusianya ditempat kami sudah mulai tercukupi dan pelayanan kami juga selalu sesuai SOP,” ungkapnya.

Menyinggung keanggotaan peserta BPJS, diakui Desi, masih ada masyarakat diwilayahnya yang belum menyadari betapa pentingnya menjadi peserta BPJS.

“Tapi ada juga masyarakat yang sudah menjadi pesert BPJS mandiri, namun mereka tidak aktif membayar karena alasan ekonomi,” ujarnya.

Maka dalam pertemuan kali ini diharapkan pelayanan Puskesmas nanti bisa lebih meningkat lagi, kemudian masyarakat juga bisa bekerjasama dalam mendukung program pemerintah.

“Tak kalah penting kami berharap kepada Dinkes Kapuas Hulu agar dapat menambah sarana dan prasarana yang masih kurang di Puskesmas. Meskipun selama ini mereka sudah betul-betul perhatian kepada Puskesmas di Kapuas Hulu,” tuntasnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY