Pastikan Lima Hal Ini Sebelum Umroh

Pastikan Lima Hal Ini Sebelum Umroh

BERBAGI
Foto: Kepala Kantor Kementrian Agama Kapuas Hulu, H M Khusyairi/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Belakangan terakhir pemberitaan terkait travel umroh bermasalah acap kali bermuculan. Umat Muslim dimanapun berada perlu selektif dalam memilih jasa travel.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kapuas Hulu, H M Khusyairi mengatakan, sebelum melakukan umroh umat muslim perlu memastikan lima hal.

“Ketika hendak memilih travel umrah, pastikan travelnya yang sudah berizin dari Kemenag RI, pastikan juga penerbangan dan jadwal perjalanan umrohnya, lalu pastikan program layanan, kemudian hotelnya di Madinah dan Mekah, pastikan juga visa-nya,” tegas Khusyairi, Selasa (6/6).

Sejauh ini di Kapuas Hulu, kata Khusyairi ada tiga koordinator perusahaan umroh. Solusi Balad Lumampah (SBL), Ihya Tour dan Al Mahdar.

“Ini semua aktif, Al Mahdar yang sudah lama. Kalau SBL baru di 2017,” terang Khusyairi.

Ia pun menambahkan, masyarakat bisa melihat Website Kemenang RI untuk memastikan travel umrah yang terpercaya. Pada website itu sudah ada nama-nama perusahaannya.

“Setiap perusahaan yang ingin berusaha umroh tetap lapor ke Kemenag,” tuturnya.

Kemenag juga terus melakukan sosialisasi tentang umroh, agar masyarakat tidak kena jasa travel bermasalah. Kalau di Kapuas Hulu, Kantor Kemenag selalu kerjasama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). IPHI sendiri sudah ada di seliruh kecamatan Kapuas Hulu.

“Bersama IPHI kamo lakukan sosialisasi di jalur lintas selatan, lintas kapuas dan lintas utara. Ini untuk menginfokan tentang haji dan umroh di masyarakat. Ini memang setiap tahun dilakukan,” tuntasnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR