Mahasiswa Bisa Ajukan PIN Setelah Menempuh 120 SKS

Mahasiswa Bisa Ajukan PIN Setelah Menempuh 120 SKS

BERBAGI
Foto: Dr Ir Paristiyanti Nurwardani MP/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Direktur Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, Dr Ir Paristiyanti Nurwardani MP, mengatakan, Penomoran Ijazah Nasional (PIN) bisa diajukan oleh mahasiswa saat sudah menempuh 120 satuan kredit semester (SKS).

“Untuk mahasiswa di S1, pada saat sudah punya 120 SKS, dia baru bisa melakukan pendaftaran Penomoran Ijazah Nasional atau PIN melalui operator yang ada di masing-masing perguruan tinggi,” ujarnya, Rabu (7/2), usai menyampaikan materi pada sosialisasi PIN di Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura.

Dirinya menjelaskan, PIN terdiri dari 14 digit angka yang memuat informasi nama program studi, tahun kelulusan, nomor urut mahasiswa, dan check digit. Dengan nomor PIN ini, keabsahan ijazah bisa dicek melalui Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil) yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT).

Menurutnya, kerapian ini akan lebih efektif setelah dilakukan pendataan persemester. Selain itu, dengan kebijakan baru terkait PIN, maka pengurusan PDPT akan lebih terpantau. Sebab, jika tidak adanya data di PDPT, maka tidak akan bisa mengeluarkan PIN.

“Jadi bisa langsung diurus sama kampusnya agar tersinkron di PDPT dan ada data-datanya,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR