Kejari Kapuas Hulu Cek Fisik Beton Bangunan Pasar Kedamin Indah

Kejari Kapuas Hulu Cek Fisik Beton Bangunan Pasar Kedamin Indah

BERBAGI
Foto: Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu Memasang Plang Penyitaan Pasar Kedah, Jumat (9/2)/Istimewa

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas Hulu menggelar cek fisik uji beton terhadap bangunan Pasar Kedamin Indah (Kedah) di kelurahan Kedamin Hulu, kecamatan Putussibau Selatan, Jumat (9/2). Kejari juga memasang plang penyitaan Pasar Kedah.

Uji beton tersebut dilakukan oleh tim teknis Polnep dan disaksikan langsung pihak Dinas Perdagangan, UKM dan Koperasi kabupaten Kapuas Hulu beserta pelaksana pekerjaan beserta pihak terkait lainnya.

Kepala Kejari Kapuas Hulu, Rudy Hartono menjelaskan uji beton tersebut untuk memvalidasi data akhir tahun 2017 lalu, sehingga diketahui nilai pekerjaan bangunan tersebut, yang sebelumnya diduga menimbulkan kerugian negara.

“Supaya ketika kami ajukan ke penuntutan jadi lebih jelas,” ungkapnya.

Dikatakan Rudy, proses cek fisik tersebut diinisiasi langsung pihaknya yang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya, dan kepala Dinas juga kita panggil ke kantor, supaya mengagendakan untuk cek fisik.

Dikatakan Rudy, sampai saat ini masih pada tahap penyidikan dan baru ditetapkan satu tersangka. Ditambahkan Rudy, setelah cek fisik tersebut akan ada jeda waktu sampai menunggu hasil dari ahli teknis.

“Paling lama Maret 2018 sudah keluar hasilnya, misal hasilnya sesuai dengan yang ketika kami melakukan cek pada 2017 kemarin, ada kerugian keuangan negara setelah di audit inevstigasi ahli teknis kami, baru diajukan ke penuntutan terhadap tersangka ini, kita lihat faktanya, siapasiapa saja yang berperan,” beber Kajari.

Sejauh ini pula kata Rudy, sudah beberapa pelaksana pekerjaan atau kontraktor yang diperiksa pihaknya, karena pelaksana pengerjaan pasar Kedah tersebut dilakukan beberapa tahapan.

Rudy juga menyampaikan setelah dilakukan penyidikan dan hasil investigasi lapangan dengan cek ulang fisik bangunan, maka kemungkinan ada penambahan tersangka baru.

“Tergantung penyidik dan hasil cek fisik ini,” tuntasnya.

Sementara itu, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh mengatakan, pihaknya menyerahkan permasalahan Pasar Kedah ke hukum.

“Kami serahkan ke proses hukum,” singkatnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR