Bangladesh Mulai Pulangkan Ribuan Pengungsi Rohingya ke Myanmar

Bangladesh Mulai Pulangkan Ribuan Pengungsi Rohingya ke Myanmar

BERBAGI
Foto : Pengungsi Rohingya di Kamp Pengungsian Kutupalong, Cox Bazar, Bangladesh/Anadolu

Bangladesh, thetanjungpuratimes.com – Bangladesh menyerahkan daftar 8.032 orang Rohingya yang akan dipulangkan ke Myanmar, Jumat (17/2/2018) waktu setempat. Jumlah yang akan dipulangkan Bangladesh sampai 1.673 keluarga.

Menteri Dalam Negeri Asaduzzaman Khan Kamal mengumumkan penyerahan daftar tersebut dalam sebuah konferensi pers setelah bertemu dengan mitranya Letnan Jenderal Kyaw Swe.

“Pihak Myanmar telah menerima dengan baik daftar tersebut, mereka telah merencanakan pemulangan dalam tiga tahap proses,” kata Kamal.

Bangladesh akan mengantarkan mereka ke Myanmar. Selanjutnya memastikan penghidupan mereka dan kemudian memberi mereka kewarganegaraan.

Selain itu Bangladesh akan memulangkan 6.000 orang dalam tahap kedua 20 Februari mendatang. Kamal mencatat ada 1,1 juta warga Rohingya.

Lebih dari 650.000 pengungsi, kebanyakan anak-anak dan perempuan meninggalkan Myanmar sejak 25 Agustus 2017 ketika pasukan Myanmar melancarkan tindakan keras.

Sedikitnya 9.000 Rohingya tewas di negara bagian Rakhine dari 25 Agustus hingga 24 September, menurut Doctors Without Borders.

(Anadolu/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR